Sebaran Kampung Janda di Indonesia, Ada Juga di Jawa Barat dan Jawa Timur

Sebaran Kampung Janda  di Indonesia, Ada  Juga di Jawa Barat dan Jawa Timur

Kampung janda adalah daerah atau pemukiman yang hampir semua warganya berstatus sebagai janda. Ternyata di Indonesia ada beberapa kawasan yang sudah lama dikenal sebagai kampung janda. 

Dilansir dari beberapa sumber, ada tiga wilayah yang dikenal masyarakat banyak ditinggali janda-janda muda dan cantik, termasuk janda yang sudah berusia lanjut usia. Berikut sebaran kampung janda di Indonesia.

1. Kampung Janda Batuah

Kampung janda ini terletak di Banjar Baru, Kalimantan Selatan. Kampung ini mulai tercium banyak janda setelah kejadian banjir beberapa waktu lalu, karena salah satu warga menyebut jika banyak janda yang jadi korban banjir.

Para janda yang mendiami daerah ini berusia beragam, dari mulai 20 tahun hingga di atas 50 tahun. Meski sudah ditinggal mantan suami karena cerai dan meninggal dunia, namun mereka mandiri untuk menjadi tulang punggung untuk keluarganya.

Kampung Janda di Kalimantan Selatan (WinNetnews.com)

2. Desa Janda Ciburayut

Desa ini terletak di desa Ciburayut, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Para perempuan yang jadi janda di tempat ini konon banyak yang ditinggal suaminya karena meninggal dunia. Mayoritas suami mereka dulu bekerja sebagai penambang pasir.

Tragisnya,banyak dari suami mereka yang meninggal dunia saat alami kecelakaan kerja. Kondisi para janda di kampung ini cukup memprihatinkan karena setelah ditinggal suami, mereka para janda bingung harus bekerja seperti apa, tak mungkin wanita jadi penambang pasir.

Kompleks Arbain di Pasuruan, Jawa Timur (99.co)

3. Kompleks Arbain Pasuruan

Perumahan yang berlokasi di Bangil, Pasuruan, Jawa Timur ini rata-rata ditinggali oleh janda.  Ada sekitar 40 rumah yang semuanya ditinggali para janda. Mereka tidak dibebankan untuk membayar sewa rumah karena cukup membayar listrik saja.

Namun jika mereka sudah memutuskan untuk menikah lagi, mereka akan diminta untuk meninggalkan rumah tersebut dan ikut dengan suaminya yang baru.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"