Sati, Tradisi Membakar Istri Hidup-hidup Bersama Suami yang Telah Meninggal Dunia di India

Sati, Tradisi Membakar Istri Hidup-hidup Bersama Suami yang Telah Meninggal Dunia di India

Janji setia yang diucapkan dalam pernikahan emang gak bisa dianggap remeh. Janji setia berarti sehidup-semati akan selalu bersama. Nah, di India, ada tradisi yang membuat janji setia jadi benar-benar nyata.

Tradisi itu bernama Sati atau Suttee. Ini adalah tradisi yang unik sekaligus ekstrem. Tradisi ini dijalankan oleh seorang istri ketika suaminya meninggal dunia. Istri yang menjalankan tradisi ini akan "ikut" bersama suaminya.

Janji setia dalam pernikahan tuh sakral loh gengs~ (shutterstock.com)

Cara "ikut" suami yang telah meninggal dunia itu amat beragam. Mulai dari menenggelamkan diri, dikubur hidup-hidup, atau membakar diri hidup-hidup. Ya, bersama suami mereka yang telah mati itu. Tradisi ini juga dijalani secara sukarela oleh sang istri sebagai bentuk kesetiaannya kepada sang suami.

Sati sendiri berasal dari bahasa Sanskerta yaitu 'Sutee'. Dalam Encyclopedia Britannica, Sati berarti wanita yang baik atau istri yang suci.

Dalam praktiknya, Sati biasanya dilakukan segera setelah sang suami meninggal dunia.

Sati sendiri adalah praktik pegabdian seorang istri yang dianggap mulia di India. Tradisi ini dipegang erat oleh kasta dari kerajaan tertentu. Atau kasta Brahmana. Meski begitu, tradisi unik dan ekstrem ini emang tidak dilakukan secara luas oleh masyarakat India.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"