Satelit Bumi Adalah Bulan, Sebenernya Masih Ada Lainnya Lho

Satelit Bumi Adalah Bulan, Sebenernya Masih Ada Lainnya Lho

Kita semua tahu kalau satelit bumi adalah bulan yang selalu setia mengitari bumi selama kurang lebih empat miliar tahun lamanya.

Bulan adalah satelit alami bumi satu-satunya dan merupakan bulan terbesar kelima dalam Tata Surya ini. Wow!

Bulan juga merupakan satelit alami terbesar di Tata Surya menurut ukuran planet yang diorbitnya, dengan diameter 27%, kepadatan 60%, dan massa seper 81 dari Bumi.

Bulan (thoughtco.com)

Jarak dari bulan ke bumi ya sekitar 384.400 km-an lah, lumayan jauh dari bumi dan gravitasi di sana ya sekitar 1,62 mili persecond.

Kalau bahas tentang usianya ya diperkirakan sekitar 4,53 miliar tahun, sudah tua banget. Periode orbitnya selama 27 hari. Dengan luas permukaan 3.793◊107 km2 (0,074 Bumi).

Namun ternyata benda antariksa yang mengitari bumi kita gak cuma bulan saja loh, Waduh kok bisa?

Berdasarkan hasil penemuan para astronom, banyak terdapat satelit di dekat bumi. Bukan satelit buatan lho, tapi benar-benar benda antariksa seperti halnya bulan gitu lah ....

Bulan Mini

Bulan Mini (vaonis.com)

Kita emang semua tahunya satelit bumi adalah bulan, namun ada kawan-kawan lainnya lho. Emang sih ukuranya gak besar.

Ada yang memiliki diameter mencapai 15 kilometer, ada juga yang hanya sekitar satu meter. Meski demikian itu juga sudah bisa disebut dengan satelit bumi

Merupakan Asteroid

Merupakan Asteroid (suurs.com)

Untuk menjawab satelit bumi adalah, kita bisa tahu dulu material satelit itu apa. Pasalnya satelit-satelit kecil ini adalah asteroid.

Sama seperti halnya bumi, mereka juga mengitari matahari lho. Faktanya bulan-bulan mini ini memiliki waktu orbit yang hampir sama dengan bumi, yaitu sekitar 365 hari. Mantap!

Mengitari Bumi

Mengitari Bumi (tekno.tempo.co)

Kalau ngomongin satelit bumi adalah bulan ya sama benda asteroid ini juga sama fungsinya seperti halnya bulan.

Jadi gengs... selain mengitari matahari, mereka juga ada yang mengitari bumi, seperti bulan. Itu dikarenakan mereka tertarik gravitasinya bumi.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"