Ritual Piodalan Itu Apa Sih? Yuk, Ketahui!

Ritual Piodalan Itu Apa Sih? Yuk, Ketahui!

Taukah kalian apa itu ritual Piodalan? Ritual ini biasa dilakukan oleh umat Hindu di Bali. 

Ritual Piodalan adalah rangkaian upacara dewa Yadnya yang ditujukan ke Ida Sang hyang Widi di sebuah pura atau tempat suci. Ritual ini dipimpin orang suci kayak Pemangku atau Pendeta.

Selain itu, ritual Piodalan berasal dari kata wedal. Wedal artinya keluar atau lahir.

ritual Piodalan (suarabaru.id)

Saat ritual Piodalan dilakukan, di situlah ditetapkan jadi hari lahir sebuah Pura atau bangunan. Artinya, ritual Piodalan merupakan peringatan hari lahirnya tempat suci orang-orang Hindu.

Makanya, setiap pura di Bali punya hari yang ditetapkan sebagai hari suci. Waktu hari suci itulah, ritual Piodalan dilakukan.

Sementara itu, hari peringatan Piodalan dari tempat suci beda-beda gengs. Upacaranya sendiri dirayakan dengan skala bermacam-macam, ada yang besar maupun kecil. Ini tergantung dari kemampuan finansial masing-masing pura. 

Ada juga tingkatan odalan, yakni odalan tingkat nista, odalan tingkat madya, dan odalan tingkat utama. 

Ritual Piodalan (dinsos.bulelengkab.go.id)

Hari untuk ritual Piodalan pun akan ditentukan pada hari-hari yang dianggap baik. Misalnya, Purrnama Kapat, Kalima, Kadasa, Anggar kasih Kulantir, Julungwangi, Medangsia, Tambir, Perangbakat dan Dukut, Saniscara Kliwon (Tumpek) Landep, Wariga, Kuningan, Krulut, Uye dan Wayang, Buda Wage Ukir, Warigadean, Langkir, Merakih, Menail dan Klawu, dan lain-lainnya. 

Umumnya, suasana ritual piodalan akan dipenuhi dengan kidung, wewangian dupa, mantram puja, dan lain-lainnya. Pokoknya suasananya begitu kental dan khusyuk. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"