Rilis Sneakers Terbaru, Vans Malah Diserang Kritik Habis-habisan

Rilis Sneakers Terbaru, Vans Malah Diserang Kritik Habis-habisan

Baru aja Vans merilis sneakers terbaru, eh produsen itu malah diserang kritik habis-habisan dari banyak pihak. Kenapa begitu?

Yap, Vans emang baru aja merilis koleksi sneaker terbaru sambil kampanye lingungkan. Langkah ini diambil Vans bersama sejumlah perusahaan fesyen lain yang katanya peduli lingkungan.

Sneakers terbaru Vans dan beberapa koleksi lainnya (Twitter @FreshRagsFL)

Beberapa perusahaan fesyen yang dimaksud mulai dari Weekday, Mango, hingga Reformation. Mereka sama-sama mengumumkan akan berinisiatif untuk membantu mengurangi dampak industri feyen terhadap lingkungan. Sekarang Vans ikut bergabung.

Alasannya diungkap lewat sebuah studi yang terbit dalam dokumen Program Lingkungan PBB. Dalam studi itu disebutkan kalo industri fesyen telah menyumbang 10 persen total emisi karbon.  Ini terjadi karena proses distribusi barang-barang itu ya tetap menggunakan pesawat atau kapal.

Selain itu, industri tekstil juga disebut-sebut menjadi salah satu penyumbang polusi air paling besar kedua secara global. Waduh!

Padahal, industri fesyen turut menyumbang emisi karbon juga (Twitter @snkr_twitr)

Koleksi sneakers terbaru milik Vans ini diberi nama "Save Our Planet". Harapannya, Vans bisa menarik perhatian publik terhadap isu kerusakan lingkungan. Terutama tentang polusi di lautan.

Sneakers terbaru Vans "Save Our Planet" ini tersedia dalam empat jenis sepatu. Mulai dari Era, Slide-On, UltraRange Rapidweled, dan Sk8-Hi Reissue.

Masing-masing sepatu pun ada gambarnya, berupa grafik warna-warna atau monokrom peta dunia. Sneakers terbaru ini dibubuhkan tulisan "Save Our Planet" juga yang dicetak dengan gaya grafiti dan tanda perdamaian.

Nggak cuma itu, Vans juga turut merilis koleksi terbaru lainnya seperti pakaian dan aksesori. Ada T-Shirt, hoodie, jaket puffer, serta tas. Harga tas pinggang Vans mulai dari 28 poundsterling, sekitar Rp500 ribuan gitu. Sementara sneakers terbaru itu dijual dengan harga 57-77 poundsterling, sekitar Rp1-1,3 jutaan aja.

Yang paling mahal ya jaketnya yang kece itu. Harganya sekitar 110 poundsterling, sekitar Rp1,9 jutaan.

Dari penjualan sneakers terbaru dan beberapa koleksi terbaru lainnya, Vans akan menyumbangkan hingga 160 ribu poundsterling untuk program Sustainable Coastlines Hawaii. Itu adalah yayasan yang bertugas untuk mengatasi polusi pantai.

Sayangnya, niat baik Vans ini gak begitu dipercaya berbagai pihak. Banyak pihak yang menilai kalo cara itu gak bakal jadi cara promosi berkelajutan.

Beginilah tampilan sneakers terbaru Vans itu~ (Twitter @HYPEBEAST)

Orsola de Castro, direktur kreatif Fashion Revolution, menuduh Vans menjadi bagian dari masalah. Fashion Revolution sendiri bergerak sebagai badan yang fokusnya meningkatkan kesadaran akan masalah dalam industri fesyen.

"Sepertinya mereka menyumbangkan uang dan menggunakan banyak plastik," kata Castro.

Sebelum merilis sneakers terbaru dan berbagai koleksi terbaru "Save Our Planet" ini, Vans juga merilis koleksi sneakers dengan gambar payudara. Termasuk beberapa bentuk puting.

Koleksi itu dipersembahkan oleh Vans untuk memperingati hari Kanker Payudara Sedunia yang jatuh pada 26 Oktober setiap tahunnya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"