Riba Pasti Haram, Tapi Kalau Bekerja Di Bank Gajinya Halal Atau Haram Ya?

Riba Pasti Haram, Tapi Kalau Bekerja Di Bank Gajinya Halal Atau Haram Ya?

Bank adalah salah satu lembaga keuangan yang ada banyak banget dan di mana-mana. Pastinya banyak juga menyerap tenaga kerja untuk mengisi semua bagian yang dibutuhkan.

Tapi dalam ajaran Islam, riba adalah hal yang diharamkan. Lalu mulai ada orang yang keluar dari pekerjaannya yang mapan di bank karena takut dosa.

Apakah kamu slah satu yang galau soal masalah ini gengs? Atau mau melamar kerja di bank tapi msih ragu? Simak penjelasan berikut ini ya...

Bekerja di bank (baobinhduong.vn)

Dikutip dari Republika.com, Prof M Quraish Shihab memberikan penjelasan soal masalah ini. Para ulama sendiri berbeda pendapat soal masalah ini. Ada yang mmebolehkan dengan alasan bukan riba.

Kalau yang menilai riba juga ada yang membolehkannya dengan alasan darurat atau kebutuhan. Lalu ada juga yang membolehkannya dengan syarat-syarat tertentu, tetapi tidak sedikit pula yang mengharamkannya secara mutlak.

Bikin bingung ya gengs kalau beda-beda gini... hemm...

Jadi gini gengs, kalau bank tempat kamu bekerja hanya memberikan fasilitas atas dasar riba dan mendapat keuntungan sebanyak-banyaknya. Lalu hati nuranimu mengatakan kalau itu haram. Maka bisa jadi tempat kamu kerja jadi haram.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"