Rekor Selam Terdalam Berhasil Dipecahkan, Tapi Kok Malah Mendapat Temuan Ini Ya?

Rekor Selam Terdalam Berhasil Dipecahkan, Tapi Kok Malah Mendapat Temuan Ini Ya?

Rekor selam terdalam di dunia baru-baru ini dipecahkan oleh seorang penyelam asal Amerika Serikat. Rekor itu memang menggunakan kapal selam sih, tapi belum ada yang bisa sejauh dia.

Dia adalah Victor Vescovo, yang melakukan perjalanan sejuah tujuh mil atau sekitar 11 kilometer dari permukaan laut. Tepatnya menuju titik terdalam Palung Mariana, Samudra Pasifik.

Rekor selam terdalam di dunia berhasil dipecahkan (popsci.com)

Vescovo melakukan perjalanan selama empat jam di palung terdalam di dunia itu. Dalam perjalanannya, Vescovo banyak melihat makhluk baru di lautan dalam itu. 

Dikutip dari CBS News, penyelaman laut terdalam tersebut adalah bagian dari seri dokumenter "Deep Planet" yang tayang di Discovery Channel akhir tahun nanti. Bersama timnya, Vescovo meyakini bahwa mereka menemukan beberapa spesies baru, seperti udang dengan rupa yang unik. 

Ada juga cacing sendok, ikan bekicot merah muda, hingga sejumlah batuan berwarna yang menjadi rumah bagi para penghuni lautan dalam tersebut.

Udah ke laut dalam begitu, ketemu plastik juga (news.sky.com)

Nah, yang paling menarik sekaligus membuat miris adalah ... ditemukan pula kantong plastik dan bungkus permen dalam ekspedisi lautan dalam itu.

"Dampak ulah manusia telah mencapai bagian terdalam dari dasar laut juga," kata Vescovo.

Semenjak ekspedisi itu, para ilmuwan pun berencana untuk menguji makhluk yang mereka kumpulkan dari dasar lautan itu. Mereka akan diteliti untuk mencari tahu apakah memiliki kandungan mikroplastik juga atau tidak.

Ekspedisi itu juga menemukan spesies-spesies baru (Twitter @XHNews)

Dalam laporan ilmiahnya, Vescovo menulis bahwa ini adalah masalah luas bagi makhluk laut, bahkan mereka yang hidup sangat dalam di lautan sekalipun.

Vescovo mengungkapkan, betapa dia dan timnya amat bersemangat untuk berhasil memecahkan rekor tersebut. Bersama timnya pula, Vescovo menyelam ke Palung Mariana sebanyak lima kali. Itu adalah bagian dari "Ekspedisi Lima Kedalaman" yang berupaya menjelajahi bagian terdalam dari kelima samudra.

Ekspedisinya pake kapal selam ini (Twitter @XHNews)

Vescovo sendiri diketahui sebagai seorang investor ekuitas swasta yang mendanai ekspedisi tersebut. Sebelumnya, Vescovo pun telah mendaki puncak tertinggi di masing-masing benua di planet ini.

Penyelaman ke Palung Mariana pertama kali dilakukan pada 1960 silam oleh Letnan Angkatan Laut AS Don Walsh. Ketika itu, Walsh pergi bersama seorang insinyur dari Swiss, Jacques Piccard. Sementara pada 2012, sutradara James Cameron juga melakukan perjalanan solonya ke Palung Mariana.

Ini nih orangnya, Victor Vescovo (Twitter @XHNews)

Nah, penyelaman yang dilakukan Vescovo ini berhasil mencapai titik dasar sejauh 35.894 kaki yang setara dengan 10,9 kilometer dari permukaan laut. Rekor dunia ini pecah karena Vescovo menjelajah 36 kaki lebih dalam dari ekspedisi sebelumnya.

Vescovo dan timnya menjelaskan bahwa tekanan serta kegelapan ekstrem membuat ekspedisi tersebut sangat menantang. Vescovo mengungkapkan, "Tekanan di dasar laut itu sama dengan sekitar 50 jet jumbo yang menumpuk di atas seseorang."

Sebelumnya, Vescovo juga pernah melakukan ekspedisi ke lautan dalam seperti di Palung Puerto Riko sedalam 8,3 kilometer di Samudra Atlantik, Palung South Sandwich sedalam 7,43 kilometer di Pasifik Selatan, serta Palung Jawa sedalam 7,2 kilometer di Samudra Hindia.

Rencana Vescovo selanjutnya adalah turun ke dasar Molloy Deep, sebuah palung sempit yang terletak di Samudra Arktik.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"