Raven Is Odd, Pameran Seni Instalasi Persembahan Rachel Vennya Sudah Dibuka untuk Umum

Raven Is Odd, Pameran Seni Instalasi Persembahan Rachel Vennya Sudah Dibuka untuk Umum

Selebgram Rachel Vennya baru aja membuka bisnis barunya. Bukan makanan, makeup, atau  produk fashion, tapi sebuah art exhibition alias pameran seni instalasi yang emang lagi ngetren belakangan ini. 

Jaman sekarang ini, makin banyak orang yang ingin selalu update dengan hal-hal baru, termasuk nyobain sebuah tempat yang hits. Makanya, pameran sejenis memang selalu ramai pengunjung karena menghadirkan karya seni yang instagenic dan bikin orang pengen datang untuk foto-foto. 

Nah, untuk pameran yang dibuat Rachel ini namanya Raven Iss Odd dan berlokasi di Kuningan City, Jakarta Selatan. Uniknya, pameran ini buka cuma sekadar tempat foto, tetapi membawa sebuah pesan yang serius, yaitu soal mental illness.

Salah satu instalasi di Raven Is Odd (Instagram @alvasus)

Tahu nggak sih kalau sebenarnya Raven Is Odd ini merupakan projek non-thesis atau syarat kelulusan buat Rachel jadi sarjana. Seperti yang dijelaskan di Instagram-nya, Rachel adalah mahasiswa jurusan Performing Arts Communication di London School of Public Relations. Keren banget ya projek kuliahnya? 

Nah, seperti yang udah dijelaskan di atas, Rachel emang benar-benar membawa isu mental ilness ke dalam projek Raven Is Odd ini demi meningkatkan awareness masyarakat. 

"Kami membuat instalasi di sini dari isu yang ingin kita sampaikan kepada masyarakat yaitu isu tentang kesehatan mental yang sangat penting untuk kita gali lebih dalam dan nggak bisa disepelekan, kita selalu beranggapan orang sakit itu dari fisiknya aja,” kata Rachel.  “Padahal kesehatan mental itu mempengaruhi dalam bekerja, bersosialisasi, dan menjalani hidup sehari-hari," tambahnya.

Raven Is Odd sudah dibuka untuk umum (Instagram @ayladimitri)

Di dalam Raven Is Odd, kamu bisa melihat 12 karya seni instalasi yang interaktif dan unik. Rachel mengatakan kalau pengunjung dipersilahkan untuk buat asumsi sendiri ke dalam setiap instalasi, tapi kalau emang pengen tau filosifinya, bisa melihat penjelasan yang tertera di setiap karya. 

Selain karya seni instalasi, Raven Is Odd juga menghadirkan sesi edukasi mengenai kesehatan mental dalam talkshow bersama ahli di bidang seni, komunitas kesehatan mental, hingga psikolog.

Uniknya karya seni di Raven Is Odd (Instagram @demilangston)

Yendrima selaku Art visual dan Director Raven Is Odd membangun konsep pameran ini dengan konsep yang diberikan Rachel, lalu melewati berbagai proses yang cukup panjang. 

"Ada 12 instalasi yang terdiri dari mental issue semua lebih tersirat tidak tersurat. Kita tidak membuat instalasi ini sendiri dari perspektif sendiri tapi kita meriset sebelumnya. Setiap visitor pun bisa melihat perspektif yang beda pengalaman yang berbeda dalam setiap instalasi, setiap orang akan merasakan hal berbeda," ujarnya. 

Buat yang pengen datang dan melihat keseluruhan karya seni instalasi dalam Raven Is Odd, udah bisa nih datang langsung ke Kuningan City dari dari 2 Agustus 2019 hingga 29 September 2019. Tiketnya Rp100 ribu untuk hari biasa dan Rp135 ribu pada akhir pekan.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"