Ratusan Makam Jenazah COVID-19 Dibongkar, Petugas Temukan Fakta Miris Ini

Ratusan Makam Jenazah COVID-19 Dibongkar, Petugas Temukan Fakta Miris Ini

Baru-baru ini sebuah fakta mengejutkan terkuak. Dengan membludaknya jumlah kematian akibat COVID-19, ditemukan fakta baru bahwa 700 jenazah yang dimakamkan dengan prosedur COVID-19 di TPU Cikadut ternyata tidak terpapar virus corona.

Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikadut ditetapkan sebagai TPU khusus Covid-19 oleh Pemerintah Kota Bandung untuk memakamkan jenazah pasien Covid-19 yang memiliki KTP Kota Bandung.

Namun, menurut Sekretaris Daerah Kota Bandung yang sekaligus Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung Ema Sumarna, banyak warga dari luar Kota Bandung yang meninggal akibat Covid-19 ikut dimakamkan di TPU Cikadut.

Ilustrasi Makam Jenazah COVID-19 (via KlikDokter)

"TPU Cikadut itu mutlak hanya untuk masyarakat (jenasah asal) Kota Bandung, SK Wali Kota menetapkan ini tempat pemakaman bagi warga Kota Bandung yang wafat karena Covid-19," ujar Ema saat ditemui di Jalan Kautamaan Istri, Kota Bandung, Senin (14/06/2021).

Ema menambahkan, dengan adanya SK tersebut, maka jenazah pasien Covid-19 yang bukan warga Kota Bandung tetapi meninggal di fasilitas kesehatan yang ada di Kota Bandung seharusnya dikembalikan ke daerah asalnya.

Terlebih setelah ditemukannya fakta bahwa lebih dari 700 jenazah yang dimakamkan dengan prosedur Covid-19 di TPU Cikadut, ternyata tidak terpapar Covid-19. Hal ini terjadi dikarenakan mereka meninggal dan terpaksa dimakamkan dengan prosedur Covid-19 sebelum hasil swab PCR yang mereka jalani keluar.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"