Rakyat Dibiarin Hidup Sengsara, Raja Ini Justru Punya 15 Istri dan Hidup Bergelimang Harta

Rakyat Dibiarin Hidup Sengsara, Raja Ini Justru Punya 15 Istri dan Hidup Bergelimang Harta

Bicara soal keadilan tuh susah gengs. Apalagi di negara bernama eSwatini, pernah dengar nama negara ini?

Negara ini merupakan sebuah kerajaan yang dulunya bernama Swaziland. Letaknya ada di antara Afrika Selatan dan Mozambik. Negara kerajaan itu dipimpin oleh seorang raja bernama Raja Mswati.

Sang raja telah naik tahta sejak usia 18 tahun. Hingga kini, dia masih memerintah eSwatini. Berarti periodenya udah sekitar 30 tahun gitu gengs.

Raja Mswati dari eSwatini atau Swaziland (scmp.com)

Raja Mswati dianggap sebagai satu-satunya raja di Afrika Sub-Sahara Itu berarti dia adalah satu-satunya raja yang diizinkan memilih parlemen dan membuat keputusan akhir dengan anggaran dan hukum.

Setiap keputusan Raja Mswati juga gak bisa diganggu gugat. Setiap ada yang menentang pasti bakal dihukum. Penentangnya akan dianggap sebagai terorisme nasional!

Selama dia memimpin, udah banyak kelompok oposisinya yang dianggap sebagai kriminal. Sebab, orang-orang itu berusaha mengangkat suara rakyat.

Mlungisi Makhanya, sekretaris jenderal Gerakan Solidaritas Rakyat untuk Demokrasi mengatakan, "Melawan raja menuntut kebebasan mutlak sudah pasti akan dihilangkannya." Raja ini bisa menyiksa siapa aja yang nggak patuh atau taat kepadanya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"