Quraish Shihab Jawab Pertanyaan, Siapa Duluan, Nabi Adam AS atau Manusia Purba?

Quraish Shihab Jawab Pertanyaan, Siapa Duluan, Nabi Adam AS atau Manusia Purba?

Quraish Shihab memberikan sebuah jawaban menarik dari pertanyaan tentang siapa yang lebih dulu, Nabi Adam AS atau manusia purba? Pertanyaan itu dibacakan oleh presenter berita Najwa Shihab, yang adalah putri keduanya. Sang Abi menjawab dengan gayanya yang tenang.

"Dalam Al-Quran, ada yang menceritakan tentang kejadian manusia. Namun juga diceritakan bahwa sebelum kejadian manusia (Nabi Adam) ini sudah ada makhluk-makhluk lain," jelas Quraish dalam video tersebut.

Bincang-bincang Najwa dan Abinya (Instagram @najwashihab)

Quraish pun menambahkan, bahwa Al-Quran tidaklah menerangkan apa makhluk-makhluk itu. Mungkin makhluk itu adalah manusia purba, jelas sang Abi.

Menurut profesor Quraish Shihab, ketika Al-Quran bicara tentang manusia pertama, Al-Quran hanya menyatakan bahwa manusia diciptakan dari tanah. Selanjutnya, ada proses akhir yaitu dihembuskanlah ruh sehingga jadilah gumpalan tanah itu manusia.

"Mungkin itulah manusia modern," ungkap Quraish. Namun, sekali lagi, Al-Quran tidak menjelaskan apa yang terjadi sebelum dan setelah tanah ditiupkan ruh.

Diorama kehidupan manusia purba (tribunnews.com)

Demikian, Abi Quraish pun memberikan gambaran atau analogi. Menurutnya, kita punya alfabet dari A sampai Z. Mulanya disebut A, akhirnya adalah Z. Pertanyaannya, ada berapa banyak alfabet antara huruf A dan Z itu? Jelas banyak kan?!

"Al-Quran hanya menceritakan A dari tanah dan menceritakan Z dihembuskan ruh. Boleh jadi ada proses di sini," kata Quraish. Nah, jadi menurutnya, Al-Quran tidak menjelaskan proses sebelum ditiupkannya ruh. Quraish menegaskan, itu bidang ilmu. Kalau ilmu bisa membuktikannya, maka tidaklah bertentangan dengan Al-Quran.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"