Punya Wilayah Sangat Luas, Negara Mana Aja Sih yang Punya Banyak Zona Waktu?

Punya Wilayah Sangat Luas, Negara Mana Aja Sih yang Punya Banyak Zona Waktu?

Indonesia punya wilayah negara yang sangat luas. Zona waktu di Indonesia pun dibagi menjadi tiga bagian. Kalo jam 07.00 WIB berarti jam 08.00 WITA dan jam 09.00 WIT. Kamu pasti tau dong pengetahuan umum ini.

Tapi kalo di negara lain, zona waktunya bisa jadi sama dengan negara kita. Bisa lebih lambat atau lebih cepat. Beda-beda, tergantung di mana letaknya di Bumi ini.

Yak, itulah pembagian zona waktu di Bumi yang pertama kali diusulkan oleh Sir Sanford Fleming. Dia membagi Bumi ini menjadi 24 zona waktu. Alasan pembagian waktu ini didasari oleh perputaran Bumi pada porosnya selama 24 jam.

Pembagian zona waktu ini terjadi akibat berbagai faktor, terutama karena letak geografis. Beberapa negara yang punya wilayah sangat luas juga terbagi menjadi beberapa zona waktu. Terus, negara mana aja sih yang punya banyak zona waktu?

1. Prancis

1. Prancis Prancis punya 12 zona waktu (reddit.com)


Perasaan Prancis terletak di Eropa doang ya. Tapi jangan salah, Prancis punya banyak perbedaan waktu karena negara itu punya wilayah yang sangat luas. 

Prancis punya kawasan lain yang nggak cuma terletak di Eropa. Misalnya Polinesia Prancis dan Kaledonia Baru di di Samudra Pasifik, dan masih banyak negara lainnya seperti di Afrika atau Amerika Selatan. 

Negara-negara itu disebut Francophonie yang tersebar di hampir seluruh wilayah di dunia. Makanya, Prancis punya 12 perbedaan waktu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"