Punya Gaji Pas-Pasan Bisa Kok Bikin Bahagia, Asal Digunakan Untuk Beberapa Hal Ini!

Punya Gaji Pas-Pasan Bisa Kok Bikin Bahagia, Asal Digunakan Untuk Beberapa Hal Ini!

Punya gaji pas-pasan seringkali dianggap sebagai hambatan bagi banyak orang untuk bisa hidup bahagia. Punya uang lebih memang bisa membuka pilihan yang lebih beragam, tetapi dengan gaji pas-pasan pun kita tetap bisa bahagia kok.

Selain melatih mindset kita untuk tidak mudah iri dengan apa yang orang lain miliki, fokus ke apa yang kita punya dan memanfaatkan gaji kita untuk sederet hal bermanfaat ini pun bisa membantu mendatangkan kebahagian buat kita.

Apa aja tuh? Yuk, simak info berikut:

1. Membeli Pengalaman

Hal ini termasuk ikut kursus atau les keterampilan, ya dan juga liburan atau kegiatan rekreasi lainnya. Mungkin bagi yang gajinya pas-pasan, uang bisa habis untuk biaya hidup sehari-hari saja. Namun dengan menabung sedikit demi sedikit, keinginan ikut kursus atau liburan sekalipun bisa terwujud. Tentu dengan jangka waktu yang berbeda-beda sesuai kemampuan

2. Menabung Dana Darurat

Memikirkan masa depan seringkali bikin gelisah dan stres. Akhirnya muka jadi kusam gara-gara ini. Biar lebih tenang, biasakan menabung dana darurat di awal saat baru gajian. Meski jumlahnya sedikit, lama-lama bisa menjadi bukit. Yang penting ini harus dimulai segera, ya!

Punya Gaji Pas-Pasan Bisa Kok Bikin Bahagia (Shutterstock)

3. Self-Reward

Sayangi diri sendiri dengan memberi penghargaan (reward) atas kerja keras yang telah kita lakukan. Sebulan sekali, kamu bisa mentraktir diri untuk makan enak yang sedang diidam-idamkan, atau membeli sesuatu yang sudah lama masuk wishlist. Ingat, jangan keseringan, ya!

4. Membayar Tagihan di Muka

Kalau sewaktu-waktu kamu mendapat rejeki lebih, ada baiknya memakainya untuk membayar sewa rumah atau cicilan lain di muka. Jadi pengeluaranmu di bulan yang akan datang akan terasa lebih ringan. Kalau pikiran sudah lebih tenang, 'aura' yang terpancar di muka kita pun jadi lebih segar. Coba, deh!

5. Jadi Modal Usaha Kecil-Kecilan

Manfaatkan tabungan kecil-kecilanmu dengan bisnis kecil-kecilan pula. Misalnya berjualan makanan dengan sistem pre-order, atau menjadi reseller (menjual kembali) aksesori seperti cincin dan anting-anting. Selisih harganya bisakamu kumpulkan untuk mengembangkan diri, menambah pemasukan, atau tabungan dana darurat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"