Pulau Jawa Bakal Dilanda Krisis Air Tahun 2040! Apa Sih Penyebabnya?

Pulau Jawa Bakal Dilanda Krisis Air Tahun 2040! Apa Sih Penyebabnya?

Indonesia adalah negara kepulauan, berarti sumber airnya juga banyak. Indonesia bahkan menyimpan 6% potensi air di dunia. Tapi kabarnya, Pulau Jawa bakal dilanda krisis air tahun 2040! Kok bisa?

Dikutip dari Kompas.com, kajian resmi pemerintah telah memprediksi bahwa Jawa bakal kehilangan hampir seluruh sumber airnya tahun 2040 mendatang. Dan Jawa sendiri dikenal sebagai pulau terpadat di Indonesia, related gak sih gengs?

Mungkin inilah salah satu alasan kenapa pemindahan ibu kota perlu dilakukan. Sebab, 150 juta penduduk di pulau terpadat di Indonesia juga akan kekurangan air. Bahkan untuk sekadar makan dan minum loh!

Krisis air di Pulau Jawa bakal terjadi tahun 2040! (unsplash.com)

Sejumlah faktor pemicunya juga dijelaskan oleh para peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Faktor pemicunya antara lain karena terjadinya perubahan iklim, pertambahan penduduk, hingga alih fungsi lahan.

Oleh karena itu, pemerintah terus menggencarkan proyek bendungan hingga revitalisasi waduk dan danau demi mencegah krisis air di masa depan. Namun, para akademisi menilai bahwa upaya itu belum cukup.

Peneliti senior di Pusat Geoteknologi LIPI, Rachmat Fajar Lubis mengatakan krisis air terjadi saat keburuhan atas sumber daya air lebih tinggi dibanding tingkat ketersediaannya. Masalahnya, dari dulu air selalu dipersepsikan sebagai sumber daya terbarukan di Jawa. Soalnya, Indonesia juga pasti mengalami musim hujan setiap tahunnya.

Padahal, Rachmat bilang bahwa curah hujan di Jawa tidak pernah bertambah. Bahkan katanya, cenderung menurun loh dalam beberapa tahun terakhir.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"