Puasa Ramadan Di Tahun 2030 Diperkirakan Akan Datang Dua Kali Setahun… Beneran Nggak Sih?

Puasa Ramadan Di Tahun 2030 Diperkirakan Akan Datang Dua Kali Setahun… Beneran Nggak Sih?

Bulan suci Ramadan selalau ditunggu-tunggu umat Muslim seluruh dunia. Pasalnya, di bulan tersebut, orang-orang Islam akan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. 

Meski harus menahan lapar dan haus dari sepertiga malam hingga matahari tenggelam, tetap aja Ramadan selalu dirindukan. 

Biasanya Ramadan terjadi satu kali dalam setahun, lalu diakhiri dengan Idul Fitri. Tapi tau nggak sih kalau pada tahun 2030 nanti, Ramadan bakalan datang dua kali dalam setahun? 

Menurut perhitungan  kalender Hijriyah 1451-1452, nanti tuh Ramadan tahun 2030 pertama akan dijalankan mulai 5 Januari dan yang keduanya sekitar tanggal 26 Desember, sehari setelah Natal 2030. Kok bisa ya? 

Ramadan (freepik.com)

Sebenarnya kondisi tersebut bukanlah ramalan atau prediksi yang menghebohkan. Memang wajar aja terjadi dan nggak ada yang aneh di sana. Ini karena memang perhitungan bulan Hijriyah dan Masehi kan pada dasarnya emang beda. 

Kamu perlu tahu nih kalau jumlah hari di tahun Masehi itu ada 365. Sementara kalau pakai kalender Hijriyah, jumlah harinya ada 344. Jadi memang beda sekitar 10-11 hari, gengs. 

Jadi itu lho yang bikin Ramadan tuh selalu maju sekitaran 10 hari tiap tahunnya. Makanya dari perhitungan tersebut bisa kelihatan kalau tahun 2030 nanti kita akan puasa dua kali. 

Ramadan (dmcc.ae)

Dari perhitungan tersebut sebenarnya kondisi kayak gini memang bisa terjadi tiap 30 tahun sekali. Untuk Idul Fitrinya, bisa jadi dua kali setahun juga setiap 36 atau 37 tahun sekali. 

Kalau kamu ngeh, sebenarnya Ramadan dua kali tuh pernah kejadian lho di tahun 2000 yang lalu. Yup, jadi waktu itu Ramadan pertama sekitar awal Januari dan pas bulan Desember udah puasa lagi. Malah di tahun 2000 ini, Idul Fitrinya pun pas dua kali lho. 

Kata Ahmed Al Hariri, kepala eksekutif Grup Astronomi Dubai, momen Ramadan dua kali dalam setahun ini nggak perlu dianggap sebagai fenomena. Karena pada dasarnya, bulan bergerak maju 11 hari tiap tahun. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"