Psikologi Cowok Jatuh Cinta, Ini yang Terjadi dengan Otak Mereka

Psikologi Cowok Jatuh Cinta, Ini yang Terjadi dengan Otak Mereka

Jatuh cinta bikin hidupmu kembali berwarna dan bersemi. Apalagi kalau gayung bersambut. Orang yang kamu suka mau menerima kamu. Rasanya dunia serasa milik berdua aja udah.

Beda lagi kalau ternyata bertepuk sebelah tangan. Hidup jadi suram dan menyedihkan. Gak semangat karena jadi korban patah hati.

Gimanapun keadaannya, cinta bisa mengubah kehidupan seseorang. Bisa merasakan cita tanda bahwa kamu manusia normal.

Cinta juga bisa bikin kamu bertindak berbeda, berpikir berbeda, dan kadang-kadang bahkan berpakaian atau berbicara secara berbeda. Tetapi bagaimana cinta mempengaruhi otak adalah salah satu bagian yang paling menarik dan misterius.

Gimana sih psikologi cowok jatuh cinta?

psikologi cowok jatuh cinta (thewoodlandsresort.com)

"Ketika jatuh cinta, otak menghasilkan bahan kimia tertentu lebih banyak. Seperti dopamin, yang membuat seseorang lebih bahagia," kata seorang terapis, Kimberly Hershenson. Reaksi kimia ini bisa bikin perasaanmu berdebar kencang, telapak tangan berkeringat, dan perasaan romantis.

Berdasar psikologi cowok jatuh cinta, dia akan tampak lebih senang dan bersemangat. Jadi kalau temen atau gebetanmu tiba-tiba sumringah setelah jalan sama kamu, bisa jadi itu tanda dia jatuh cinta.

Lebih lengkapnya lagi, dikutip dari Bustle.com begini psikologi cowok jatuh cinta. Ini yang terjadi pada otak mereka.

1. Mengurangi rasa sakit

Ilmuwan ilmu saraf Dr. Jarred Younger, associate professor di University of Alabama, Birmingham, telah melakukan pemindaian otak pada pria dan wanita ketika mereka sedang jatuh cinta.

Ada pengiriman pesan ke sumsum tulang belakang untuk memblokir pesan rasa sakit sebelum mencapai otak. Hal ini terjadi saat jatuh cinta. Jadi psikologi cowok jatuh cinta dia lebih kuat dan lebih jarang mengalami rasa sakit atau nyeri.

2. Berhenti merokok

Berhenti merokok (bettertennessee.com)

Cinta bisa bikin cowok berhenti dari apapun yang membuatnya kecanduan. Salah satunya rokok. Soalnya dia udah kecanduan sama doi yang dicintai. Heuheu...

Cinta mengubah reaksi kimia otak seseorang dengan cara yang membuatnya lebih mudah berhenti menggunakan obat-obatan yang membuat kecanduan.

3. Fokus utama pada pasangan

Psikologi cowok jatuh cinta, bisa bikin cewek yang dicintai menjadi fokus utama. Yang lain mah lewat dan numpang hidup aja di dunia. Pasangan menjadi yang terpenting.

Pada cowok, hormon oksitosin dilepaskan di otak selama hubungan baru terjalin. Ini bisa bikin cowok melihat pasangannya lebih menarik dan diinginkan daripada wanita lain.

Berati, kalau cowokmu masih sempat melirik cewek lain. Apalagi selingkuh. Bisa ditebak, kadar cintanya yang udah tipis dan luntur.

4. Tiba-tiba peduli pada hal-hal kecil

Psikologi cowok jatuh cinta adalah bisa fokus ke hal-hal kecil.

Cowok bisa tiba-tiba memperhatikan hal-hal yang tidak pernah mereka perhatikan. Seperti bagaimana mereka berbicara, kepekaan mereka, dan kebersihan pribadi.

5. Lebih peka



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"