Prof. Quraish Shihab yang Tak Mau Dipanggil Kiai atau Habib: Akhlak Saya Belum Sesuai Dengan Ajaran Agama

Prof. Quraish Shihab yang Tak Mau Dipanggil Kiai atau Habib: Akhlak Saya Belum Sesuai Dengan Ajaran Agama

YTahu gak sih sebutan Kiai dan Habib adalah sebuah gelar yang disematkan pada tokoh agama. Biasanya, orang yang menyandang gelar ini dianggap orang yang baik dari segi tutur kata dan juga prilakunya dalam agama Islam.

Ada sebuah fakta dan ilmu yang menarik nih dari Quraish Shihab gengs... Beliau menjelaskan kalau gelar Habib merupakan gelar yang diberikan kepada orang tertentu. Gelar itu datang dari masyarakat, bukan dari Habib. Begitu pula dengan Kiai. Masyarakat yang memberinya gelar, bukan Pak Kiainya yang menyebut dirinya Kiai.

Era kini banyak Habib dan Kiai Instan

Era kini banyak Habib dan Kiai Instan Prof. Quraish Shihab(Correcto.id)


Dilansir dari Islami.co, gak dapat disangkal fakta pada masa sekarang dengan adanya perkembangan media televisi, radio, dan media sosial, bermunculan orang yang sebetulnya bukan Habib ataupun Kiai, tetapi dijuluki Habib atau Kiai. Julukan ini bisa karena pengakuan sendiri ataupun dijuluki orang lain.

“Habib itu sebenarnya dahulu, diberikan oleh masyarakat, yang kagum pada orang-orang tertentu, yang memiliki tiga sifat utama: yang pertama dia keturunan Nabi Muhammad SAW; yang kedua dia berilmu yang luas; dan ketiga dia berakhlak yang luhur.” Jelas Prof. Quraish Shihab.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"