Pramugari Lion Air, Begini Proses Latihan Mereka Sehari-hari

Pramugari Lion Air, Begini Proses Latihan Mereka Sehari-hari

Gak gampang lho untuk bisa jadi pramugari Lion Air itu. Kalian harus melewati pelatihan yang panjang sampai siap.

Lion Air Group punya kawasan terintegrasi di wilayah Balaraja, Banten. Kawasan itu diberi nama "Lion City".

Lion City berdiri di lahan dengan luas 30 hektar. Di sana terdapat area perkantoran, Angkasa Training Center (ATC), hunian bagi pramugari dan pramugara Lion Air Group gengs.

Pramugari Lion Air (skybound.id)

Di sana para pramugara dan pramugari Lion Air dilatih kemampuanya sebaik mungkin untuk bisa melayani penumpang di dalam pesawat.

Untuk jadi pramugari dan pramugara di Lion Air Group para pesertanya kudu mengikuti sejumlah pelatihan 3 sampai 4 bulan lamanya.

Di Lion City ada beberapa fasilitas, mulai dari ruangan kelas, mock up pesawat dan area kolam renang untuk terlatih dalam keadaan darurat.

Di sana para pramugari Lion Air diberi pelatihan emergency. Pelatihan tersebut dilalui dengan empat tahap, yaitu mulai dari pembelajaran di kelas, pelatihan memadamkan api, melakukan penyelamatan di darat dan melakukan penyelamatan di air gengs. Mantap betul!

Lion City (kompas.com)

“Pramugari diwajibkan memahami proses penyelamatan para penumpang saat dalam keadaan darurat,” kata Direktur ATC, Dibyo Soesilo di Balaraja, Banten, Senin.

Tahap pertama, para pramugari diberikan sebuah pemahaman dan pengenalan cara menggunakan alat keamanan yang ada di dalam pesawat. Mereka juga di ajari gimana memadamkan api kalau terjadi kebakaran pesawat.

Selanjutnya pramugari Lion Air diberi pelatihan tata cara membuka dan keluar melalui pintu darurat. 

Untuk bertahan dalam kondisi genting, para pramugari harus bisa meluncur dengan cara baik dan aman.

Kemudian, mereka diajarkan cara mengevakuasi penumpang saat dalam keadaan bahaya. Pada saat itu mereka diajari cara mengembangkan dan menaiki perahu karet gengs.

Gak cuma itu aja sih, mereka diajarkan cara mengevakuasi penumpang ketika dalam keadaan darurat di air dan cara menghadapi hewan bawah laut seperti ikan hiu gengs, mantap ya!

Lion Air (tribunnews.com)

“Mereka harus tau bagaimana cara menaikkan penumpang ke dalam perahu karet itu, dan bagaimana cara bertahan di atas laut," tambahnya.

Di Lion City terdapat 1.205 dan 280 mess bagi para pekerja Lion Air Group. Sedangkan bagi flight attandance Lion City memiliki mess sebanyak 1.966.

Jadi itulah serangkaian proses para pramugari Lion Air gengs. Gimana? Tertarik mendaftar jadi Lion Air Groups?

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"