PPKM Darurat, Masyarakat Diminta Laksanakan Salat Iduladha di Rumah

PPKM Darurat, Masyarakat Diminta Laksanakan Salat Iduladha di Rumah

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi meminta masyarakat melaksanakan Salat Iduladha di rumah. Hal ini dilakukan demi mencegah dan menekan angka penularan virus Covid-19 di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Dengan melaksanakan ibadah di rumah, diharap kasus COVID-19 yang kini meningkat secara signifikan bisa kembali menurun.

"Tetap ibadah di rumah, takbiran di rumah, dan Salat Iduladha di rumah masing-masing. Pengorbanan kita, insyaallah akan berbuah amal dan pahala serta menurunkan penularan Covid-19 di Indonesia," kata Dedy dikutip dari keterangan tertulis Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (12/7/2021).

Ia juga mengatakan Surat Edaran Menteri Agama telah menetapkan pelaksanaan kurban tahun ini. Mengingat, Hari Raya Iduladha diperingati pada Selasa, 20 Juli mendatang.

"Surat Edaran Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021 sudah menetapkan teknis pelaksanaan kurban tahun ini, mohon dapat dipelajari dan dilaksanakan," tegas Dedy.

Situasi PPKM Darurat Jawa Bali (Detikcom)

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Agama mengumumkan bahwa Iduladha tahun ini jatuh pada 20 Juli 2021. Ketetapan tersebut didasarkan pada penetapan 1 Dzulhijjah 1442 Hijriah yang jatuh pada Minggu, (11/7/2021).

"Ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia berada diatas ufuk antara 2 derajat 21 menit sampai dengan 4 derajat 14 menit. Berdasarkan posisi tersebut, 1 Dzulhijjah 1442 ditetapkan jatuh pada hari Ahad, 11 Juli 2021 dan tentu saja hari raya Iduladha akan jatuh pada hari Selasa tanggal 20 Juli 2021," kata Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara virtual, Sabtu (10/7/2021).

Menag menambahkan, terkait dengan penetapan PPKM Darurat, Kementerian Agama telah mengeluarkan dua surat edaran (SE) sekaligus. Pertama, SE Menteri Agama No.16 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Malam Takbiran dan Pelaksanaan Kurban Tahun 2021.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"