Polemik Seragam Satpam Mirip Polisi, Rencana Akan Diganti Warnanya

Polemik Seragam Satpam Mirip Polisi, Rencana Akan Diganti Warnanya

Beberapa bulan terakhir seragam Satpam  di Indonesia dianggap mirip dengan Polisi  karena sama-sama mengenakan warna cokelat. Kabarnya dalam waktu dekat warna seragam Satpam akan diganti lantaran dianggap sangat mirip dengan warna seragam Polisi.

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) sedang memproses perubahan warna seragam Satpam. Jika sekarang Satpam menggunakan warna cokelat muda, kemungkinan akan diubah menjadi warna krem.

“Seragam Satpam yang sekarang terlalu mirip dengan seragam Polisi sehingga masyarakat menjadi bingung dan kesulitan membedakannya,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan dilansir dari Kompas.com.

Seragam Satpam Mirip dengan Polisi (MOJOK.co)

Memang alasan kemiripan warna memang masuk akal dan kemungkinan dalam waktu dekat akan diubah. Satpam merupakan profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas sehingga lewat seragam membuat Satpam harus memiliki identitas diri.

Kabarnya pada saat hari ulang tahun (HUT) Satpam pada Desember mendatang, seragam Satpam akan diperkenalkan dan resmi diluncurkan. Padahal Polri sendiri yang mengubah warna seragam Satpam dari putih biru tua menjadi cokelat muda berdasarkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Saat itu warna seragam Satpam diubah karena Polisi ingin menumbuhkan kebangaan Satpam terhadap profesi untuk menimbulkan kedekatan emosional dengan Polri.  Satpam diharapkan memiliki rasa bangga sembari menambah pergelaran fungsi kepolisian di tengah masyarakat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"