Pesona Ibu Negara dari Masa ke Masa, Punya Peran Besar untuk Bangsa Indonesia

Pesona Ibu Negara dari Masa ke Masa, Punya Peran Besar untuk Bangsa Indonesia

Istri Presiden di Indonesia biasanya disebut ibu negara . Sejak masa orde lama hingga masa reformasi, terdapat 6 wanita yang sudah pernah dan sedang menjadi ibu negara. Paras keenam wanita tersebut sangat cantik mempesona, dan memiliki jasa besar untuk Indonesia. Berikut sosok ibu negara di Indonesia.

1.    Fatmawati

Fatmawati merupakan ibu negara pertama Indonesia. Ia adalah istri dari Soekarno, Presiden pertama Indonesia. Sosok Fatmawati tak lepas dari kemerdekaan Indonesia, sebab wanita kelahiran Bengkulu 5 Februari 1923 menjahit bendera merah putih untuk dikibarkan di momen 17 Agustus 1945.

Saat menjahit bendera merah putih, Fatmawati dalam kondisi hamil tua. Fatmawati meninggal dunia dalam usia 57 tahun ketika sedang menjalani perjalanan dari tanah suci. Ia meninggal karena alami serangan jantung.

Pesona Ibu Negara dari Masa ke Masa, Punya Peran Besar untuk Bangsa Indonesia (Tagar.id)

2.    Siti Hartinah

Siti Hartinah atau biasa disebut ibu Tien merupakan istri dari Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto. Ibu Tien selama 30 tahun setia mendampingi Soeharto dari tahun 1966-1996, sebelum akhirnya meninggal dunia karena alami serangan jantung. Selama menjadi ibu negara, ibu Tien memiliki banyak gagasan.

Ibu Tien berperan dalam terjadinya Kongres Wanita Indonesia terkait penentangan poligami. Ibu Tien melarang seluruh abdi negara untuk memiliki istri lebih dari satu. Ibu Tien juga merencanakan pembangunan Taman Mini Indonesia Indah, sebuah tempat rekreasi yang mengangat semua hal tentang budaya Indonesia.

3.    Ainun Habibie

Meski hanya sebentar sebagai ibu negara, namun Ainun Habibie dikenal sebagai sosok istri yang penuh cinta dengan semuanya. Kisah cinta Ainun dan suaminya yang merupakan Presiden ke-3, BJ Habibie, memberikan inspirasi kepada banyak orang. Bahkan film Ainun Habibie menjadi bukti perjalanan cinta pasangan ini memang luar biasa.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"