Pertama dalam Sejarah! Mahasiswi Beragama Hindu Wisuda di Kampus Islam Mengenakan Jilbab

Pertama dalam Sejarah! Mahasiswi Beragama Hindu Wisuda di Kampus Islam Mengenakan Jilbab

Sekolah adalah hak semua anak. Mau yang miskin ataupun kaya, mau yang beragama atau yang tidak, semua orang berhak sekolah. Nah, sekolah swasta yang dikelola oleh yayasan agama tertentu pun tidak bisa melarang calon siswa yang berbeda agama untuk mendaftar.

Meski ya jika seseorang mendaftar di sekolahan swasta dengan yayasan, tentu siswa tersebut harus mengikuti aturan yang dibuat sekolahan tersebut.

Salah satu contohnya, mahasiswi beragama Hindu ini yang kuliah di kampus Islam, Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Fakultas Kedokteran UMI Makassar (indonesiacollege.co.id)

Ia adalah Ananda Ayu Masnathasari, mahasiswi Fakultas Kedokteran UMI Makassar. Ayu yang seorang pemeluk Hindu berhasil menyelesaikan program profesi dokter di kampus UMI.

# Mengenakan Pakaian Muslimah

Karena studi di kampus Islam. Mau tidak mau, Ayu yang beragama Hindu harus mengikuti peraturan yang berlaku. Jadi, sekitar 5,8 tahun menjalani program profesi dokter, wanita kelahiran Kabupaten Takalar ini setiap hari harus mengenakan pakaian muslimah.

Tidak hanya kerudung ala kadarnya. Sehari-hari Ayu bahkan mengenakan pakain tertutup dengan hijab yang sesuai dengan ajaran Islam. Penampilannya persis seperti mahasiswi muslim yang lain.

Dikutip dari Suara.com. Meskipun awalnya Ayu mengaku tidak mudah, tapi toh akhirnya ia bisa beradaptasi juga. 

“Tidak mudah Pak, tapi jadinya saya setiap hari banyak belajar. Lebih siap diri saja. Setiap hari ada tantangan baru. Apa lagi besok,” kata Ayu dalam video wawancara dengan Dekan Fakultas Teknologi Industri UMI Zakir Sabhara, Kamis, 17 September 2020.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"