Perilaku Manusia Zaman Sekarang yang Tak Banyak Berbeda dengan Nenek Moyang

Perilaku Manusia Zaman Sekarang yang Tak Banyak Berbeda dengan Nenek Moyang

Peradaban manusia tercatat sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Tentu saja banyak yang berubah karena sudah banyak kemajuan yang dicapai.

Tetapi pada dasarnya manusia baik di zaman sekarang maupun nenek moyang kita ternyata sama saja. Ada sejumlah perilaku dasar yang sama sekali tidak berubah. 

Dengan kemiripan ini, kita bisa merasakan koneksi dengan nenek moyang kita. Yuk kita tengok kira-kira perilaku saja yang masih kita lakukan sejak ribuan tahun yang lalu.

1. Melakukan obrolan basa-basi

1. Melakukan obrolan basa-basi Perilaku manusia yang tidak berubah dari zaman nenek moyang (nemeangames.org)

Pada masa Yunani kuno 1.500 tahun yang lalau, seseorang bernama Sydromachos berjalan melewati sebuah tembok di kota Atena. Di sana ia melihat tulisan besar yang mengomentari suatu kejadian atau seseorang yang nggak terlalu penting. 

Kalau obrolan seperit itu saja mereka tuliskan di dinding, terbayang apa yang mereka obrolkan jika saling bertemu satu sama lain. Pasti isinya basi-basi doang.

2. Membuat humor receh

2. Membuat humor receh Perilaku manusia yang tidak berubah dari zaman nenek moyang (chappatte.com)

Seperti yang dikutip dari laman The Guardian, ada pula humor dari Romawi kuno yang menyebutkan kalau para cendekiawan itu cerdas tetapi tidak bijaksana; para kasim sangat lucu, dan begitu pula orang-orang dengan hernia.

Anehnya lagi, sebuah buku tebal yang ditulis oleh seorang sarjana Islam dari Baghdad pada abad ke-11 juga berisi tentang kumpulan humor untuk pesta. Ternyata, leluhur kita juga suka membuat humor receh seperti kita di masa ini.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"