Perbedaan Usia dalam Pacaran Mempengaruhi 5 Hal Ini, Kamu Mengalami?

Perbedaan Usia dalam Pacaran Mempengaruhi 5 Hal Ini, Kamu Mengalami?

Dua orang berpacaran itu nggak dibatasi dengan perbedaan usia. Selama seseorang nyaman, cocok dan saling suka, maka bisa menjalin hubungan asmara. Meskipun usia tidak menjadi batas, tetapi kamu perlu memahami bahwa ada beberapa perbedaan yang mempengaruhi hubungan asmara. Jarak 5 hingga 7 tahun atau lebih juga mesti disikapi dengan bijak. Apakah perbedaan usia dalam pacaran yang kamu alami mempengaruhi 5 hal ini?

1. Tahapan dalam hidup

Tahapan dalam hidup seseorang tentu saja berbeda-beda. Tetapi ketika menjalin hubungan asmara, tahapan ini punya pengaruh besar dalam sikap yang harus dilakukan. Jika seseorang masih menempuh pendidikan sedangkan pasangannya sudah bekerja dan mengejar posisi karir yang diimpikan. Maka perbedaan tahapan hidup ini membutuhkan sikap yang lebih dewasa. 

Tahapan yang berbeda tersebut bisa berpotensi menjadi toxic dalam relasi cinta. Sebagai pasangan, tentu butuh saling pengertian tentang capaian masing-masing. Apakah kamu mengalami perbedaan tahapan dalam hidup dengan pasanganmu?

Pacaran (thoughtcatalog.com)

2. Era atau zaman yang berbeda

Ini seringkali dialami oleh pasangan yang punya jarak lebih dari 10 tahun. Jarak waktu menentukan era atau jaman yang dialami seseorang. Misalnya, generasi Z yang menjalin hubungan asmara dengan pasangan yang mengalami generasi sebelumnya. 

Bukan berarti perbedaan usia dalam pacaran nggak bisa diatasi. Setiap akar persoalan pasti bisa menemukan solusi. Tetapi, saling mengenali kebiasaan masing-masing adalah kunci utama dari perbedaan usia dalam pacaran. 

3. Keluarga dan lingkungan sosial

Ini bukan hanya tentang usia, tetapi tentang perbedaan yang lain yang bisa mempengaruhi hubungan pacaranmu. Pasangan yang mempunyai perbedaan usia mempunyai lingkungan sosial yang berbeda. Perbedaan lingkungan sosial ini bisa menyulut rasa cemburu dan kejadian lain yang bisa bikin pertengkaran.

Keluarga juga akan berpengaruh besar. Jika keluarga cukup terbuka dan bisa menerima, maka bukan masalah besar. Sebaliknya, keluarga juga menginginkan anggota keluarganya mendapatkan pasangan ideal. Mereka akan mempertanyakan dan butuh dibuktikan bahwa hubungan asmara dengan perbedaan usia bisa bahagia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"