Penuh Keajaiban! Kota di Amerika Selatan Ini Tidak Pernah Diguyur Hujan Selama Ratusan Tahun

Penuh Keajaiban! Kota di Amerika Selatan Ini Tidak Pernah Diguyur Hujan Selama Ratusan Tahun

Kota hujan  adalah kota yang sering diguyur hujan. Tapi ada juga kota yang dikenal karena tidak pernah diguyur hujan. Kota itu berada di kawasan Amerika Selatan, tepatnya ibu kota Peru, Lima. Kota tersebut sudah 600 tahun tidak dilanda hujan.

Sebagai kota yang tidak pernah hujan atau disebut “No Rain City”, bagaimana dengan nasib penduduknya? Sekitar 9 juta orang menjadi penduduk di Lima namun perekonomian di sana cukup subur dan makmur. 

Yang jelas karena tidak perna juhan membuat tidak mungkin orang berjualan payung atau jas hujan.Lantas apa yang membuat kota Lima ratusan tahun tidak hujan? Sebab kota Lima berada di kawasa tepi timur tekanan tinggi di subtropis Pasifik Selatan.

Kota Lima di Peru Tidak Pernah Hujan (Kumparan)

Karena tekanan ke bawah yang besar dari aliran udara kering dan arah angina yang bertiup pada dasarnya sejajar dengan permukaan laut, sehingga uap air tidak akan naik ke udara untuk memunculkan hujan.

Perlu diingat jika Peru adalah daerah yang dilintasi oleh arus dingin sehingga udara pesisir bersentuhan dengan permukaan air dingin dan menyebabkan lapisan udara di bawahnya menjaid dingin dan membentuk lapisan inversi suhu yang stabil.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"