Penting untuk Kecerdasan, Begini Cara Membangun Growth Mindset Pada Anak

Penting untuk Kecerdasan, Begini Cara Membangun Growth Mindset Pada Anak

Pola pikir growth mindset adalah gagasan bahwa kecerdasan seseorang dapat meningkat melalui kerja keras dan usaha. Membangun pola pikir ini pada anak sangat penting, karena di momen itulah anak-anak dapat memaksimalkan kemampuan untuk menjadi dasar pembelajaran di tahap berikutnya.

Anak-anak yang memiliki growth mindset, tidak akan menyerah tanpa berusaha saat menghadapi berbagai kesulitan. Memiliki pola pikir ini juga akan membuat mereka suka belajar dan mengeksplorasi hal-hal baru. Karena itu, penting untuk membangung pola pikir ini pada anak. Bagaimana caranya? Berikut informasinya!

1. Berikan Rasa Percaya Diri

Growth Mindset (via Alodokter)

Cara membangun growth mindset yang pertama adalah dengan memberikan rasa percaya diri pada anak. Kamu harus menunjukkan bahwa anak-anak bisa melakukan hal-hal baik yang ingin mereka lakukan.

Pupuk kepercayaan bahwa anak-anak kelak dapat memiliki masa depan yang baik dengan terus melakukan sesuatu yang produktif. Kamu bisa melakukannya melalui kata-kata yang memotivasi anak. Ucapkan berulang hingga anak yakin bahwa dia mampu melakukan sesuatu dengan baik.

2.  Ajarkan untuk Belajar dari Kesalahan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"