Penjelasan Apa Itu KPPS yang Belum Diketahui Para Pemilih Muda

Penjelasan Apa Itu KPPS yang Belum Diketahui Para Pemilih Muda

Pemilu 2024 di depan mata. Suksesnya pemilu juga terbantu dengan KPPS yang bertugas di tempat-tempat pemungutan suara. Apa itu KPPS? Bagi pemilih yang baru pertama kali ikut pemilu atau pemilih pemula mungkin banyak belum mengetahui soal KPPS. Padahal peran KPPS sangat penting dan sentral.

KPPS adalah kelompok yang dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara atau PPS yang menyelenggarakan proses pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara atau TPS. KPPS memiliki kepanjangan yakni Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara. KPSS terdiri dari 7 orang yang diketahui oleh seorang Ketua KPPS.

Tugas KPPS cukup banyak. KPPS wajib mengumumkan Daftar Pemilih Tetap atau DPT di TPS yang bersangkutan. KPPS juga menyelenggarakan proses pemilihan suara sejak awal sampai akhir termasuk proses perhitungan suara. KPPS juga menyerahkan DPT kepada saksi peserta Pemilu yang hadir dan Pengawas TPS. KPPS juga memberikan undangan kepada DPT untuk hadir dalam pemungutan suara di TPS.

Apa Itu KPPS (Gunung Mas)

Terkait pertanyaan apa itu KPPS juga merujuk kepada wewenang KPPS. KPPS memiliki wewenang untuk mengumumkan hasil pemungutan suara di TPS dan menjalani wewenang lain yang diberikan KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota. Wewenang tersebut harus dijalani dengan sebaik-baiknya.

Kewajiban KPPS harus mengumumkan DPT di TPS, membuat laporan apabila ada tindak pelanggaran atau kecurangan di TPS kepada KPU Kabupaten/Kota atau Panwaslu, menyerahkan hasil pemungutan suara kepada Panwaslu dan PPS, menyerahkan kotak suara tersegel yang berisi surat suara kepada PPK melalui PPS, dan melakukan kewajiban sesuai peraturan perundang-undangan.

Dalam menjalani tugasnya yang berat selama proses pemungutan suara berlangsung, KPPS mendapatkan honor. Untuk Ketua KPPS mendapat honor Rp 1.200.000 sementara Anggota KPPS mendapat honor Rp 1.100.000. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"