Pengeboman Hotel Hilton Sydney, Serangan Teroris Terburuk Di Australia

Pengeboman Hotel Hilton Sydney, Serangan Teroris Terburuk Di Australia

Pengeboman Hotel Hilton Sydney terjadi tahun 1978. Merupakan kisah yang sangat tragis dan peristiwa luar biasa di Australia. Salah satu serangan terorisme terburuk terhadap Australia.

Pengeboman Hotel Hilton Sydney

Mereka yang jadi korban meninggal adalah petugas sampah Alec Carter dan Bill Favell, dan polisi Paul Burmistriw. Korban lain terluka parah.

Dikabarkan kalau ASIO melakukan pengeboman Hotel Hilton Sydney untuk menciptakan ancaman teror palsu. Sehingga pemerintah akan meningkatkan anggarannya. Peristiwa ini dibarengi dengan Perang Dingin, akhir 1970-an. Periode ketika kelompok radikal, aliran sesat dan skeptisisme berkembang.

Pengeboman Hotel Hilton Sydney (coffscoastadvocate.com.au)

Tetapi Pengeboman Hotel Hilton Sydney tidak pernah ada bukti keterlibatan ASIO. Seperti yang didokumentasikan oleh Rachel Landers dalam bukunya 2016, Who Bombed the Hilton?

Para penyelidik mencurigai pelaku pengeboman Hotel Hilton Sydney adalah sebuah sekte bernama Ananda Marga. Juru bicaranya dari Australia pada saat itu, Tim Anderson, mengatakan kelompok itu tidak melakukan kekerasan.

Tetapi pada kenyataannya beberapa anggotanya menjalankan kampanye terorisme internasional terhadap sasaran-sasaran India. Perdana menteri India tinggal di Hilton pada saat pengeboman.

Dilakukan oleh teroris (nfsa.gov.au)

Pada tahun 1989 tersebar cerita seorang mantan Margii bernama Evan Pederick. Ini adalah pertama kalinya kisah hidupnya diceritakan. Kisah tentang bagaimana seorang anak dari Perth menjadi teroris dan bagaimana radikalisasi terjadi.

Prosesnya terutama berkaitan dengan kehidupan sosial, bukan agama atau ideologis. Pederick kesepian, berkemauan lemah, dan berselisih dengan orang tuanya. Dia keluar dari universitas dan pindah ke Australia.

Ananda Marga menemukannya di sebuah rumah bersama di Hobart dan menariknya. Evan memutuskan hubungannya dengan dunia luar, ia menemukan persahabatan dan tujuan.

Kemudian dia melakukan pengeboman Hotel Hilton Sydney.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"