Penerbangan Bermesin Pertama oleh Wright Bersaudara, Sejarah Peradaban Manusia

Penerbangan Bermesin Pertama oleh Wright Bersaudara, Sejarah Peradaban Manusia

Di dekat Kitty Hawk, North Carolina, Orville dan Wilbur Wright membuat penerbangan pertama yang sukses dalam sejarah. Keduanya berhasil menerbangkan pesawat self-propelled yang lebih berat dari udara.

Orville mengemudikan biplane yang digerakkan dengan baling-baling. Biplane ini menggunakan bahan bakar bensin. Pesawat bisa terbang selama 12 detik dengan ketinggian 120 kaki pada penerbangan perdananya.

Penerbangan Bermesin Pertama oleh Wright Bersaudara

Penerbangan Bermesin Pertama oleh Wright Bersaudara Penerbangan bermesin pertama oleh Wright bersaudara (pinterest.com)

Orville dan Wilbur Wright tumbuh di Dayton, Ohio. Keduanya dengan serius mempelajari soal penerbangan dan pengen bikin pesawat. Wright bersaudara mempelajari penerbangan glider dari insinyur Jerman Otto Lilienthal pada tahun 1890-an.

Keseriusan dalam bidang yang mereka minati ini akhirnya bikin penerbangan bermesin pertama oleh Wright bersaudara, sukses dilakukan.

Tahu gak gengs? Ternyata Orville dan Wilbur gak kuliah loh. Tapi mereka emang punya kemampuan teknis yang luar biasa dan sangat cerdas. Keduanya pandai memecahkan segala kerumitan dalam desain mekanik. Hingga berhasil melakukan penerbangan bermesin pertama oleh Wright bersaudara.

Mereka membangun mesin cetak sendiri lalu tahun 1892 buka bengkel dan penjualan sepeda. Mmereka membuat sepeda sendiri. Pengalaman membuat sepeda dan modal dari berjualan, mereka gunakan untuk mengejar impian yang lebih hebat. Membuat pesawat yang saat itu baru sebatas impian semata. Banyak yang bilang gak mungkin, kalau manusia bisa terbang.

Wright bersaudara mengirim surat kepada Biro Cuaca AS dan menanyakan tempat yang cocok untuk melakukan uji luncur. Mereka menetap di Kitty Hawk, sebuah desa terpencil di Outer Banks North Carolina.

Model pesawat Wright di museum (en.wikipedia.org)

Sebelum penerbangan bermesin pertama oleh Wright bersaudara, Glider pertama diuji pada tahun 1900. Hasilnya buruk kemudian desain baru diuji pada tahun 1901. Hasilnya lebih baik dari yang pertama.

Berusaha dengan sangat keras, mereka membangun terowongan angin untuk menguji hampir 200 sayap dan badan pesawat dengan berbagai bentuk dan desain.

Kerja keras itu ternyata membuahkan hasil, mereka menerbangkan ratusan penerbangan yang sukses tahun 1902 di Bukit Kill Devils dekat Kitty Hawk. Glider biplan mereka memiliki sistem kemudia yang terkontrol. Keduanya selanjutnya membuat penerbangan bermesin pertama oleh Wright bersaudara.

Di Dayton, mereka merancang mesin pembakaran internal 12 tenaga kuda dengan bantuan masinis Charles Taylor. Pesawat baru dibuat untuk menggunakan mesin tersebut.

Mereka membawa pesawat dalam beberapa bagian ke Kitty Hawk pada musim gugur 1903, merakitnya, melakukan beberapa tes lebih lanjut, dan pada 14 Desember Orville melakukan penerbangan bermesin pertama oleh Wright bersaudara.

Hasilnya mesin macet saat lepas landas dan pesawat rusak. Perlu tiga hari untuk memperbaiki pesawatnya. Kemudian pada pukul 10:35 17 Desember, di depan lima saksi, pesawat berlari menuruni jalur monorel dan naik ke udara. Terbang selama 12 detik dengan ketinggian 120 kaki.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"