Penemuan Mumi Usia 1000 Tahun Dalam Patung Budha Menguak Proses Mumifikasi Biksu, Kelaparan dan Mati Perlahan

Penemuan Mumi Usia 1000 Tahun Dalam Patung Budha Menguak Proses Mumifikasi Biksu, Kelaparan dan Mati Perlahan

Sebuah patung Buddha duduk yang dibawa dari sebuah kuil di Cina ke pasar di Belanda mengungkapkan rahasia yang luar biasa. Ada mumi - seorang biksu berusia 1.000 tahun di dalamnya!

Kok bisa ya??

Kebenaran usia mumi di dalamnya sudah dibuktikan berdasarkan tes secara ilmiah. Mumi biksu berusia 1000 tahun ini terpelihara dengan sempurna dan diyakini satu-satunya di dunia.

Mumi itu ditemukan, terbungkus dalam rongga di patung, ketika seorang pembeli membawanya ke ahli untuk restorasi.

Ditemukan mumi usia 1000 tahun dalam patung Budha (history.com)

"Kami mengira itu adalah jaringan paru-paru, tetapi sebaliknya kami menemukan secarik kertas kecil yang ditutupi dengan karakter Cina," kata Vincent van Vilsteren, kurator arkeologi dari Museum Drents.

Mumi itu ditemukan sedang duduk di atas seikat kain yang tercakup dalam prasasti Cina, mengungkapkan identitasnya sebagai seorang biksu Buddha bernama Liuquan yang mungkin telah berlatih "mumifikasi diri" untuk mempersiapkan kehidupan setelah kematian.

"Bukan hal yang aneh bagi para bhikkhu untuk melakukan mumifikasi diri tetapi menemukan seorang bhikkhu yang dimumikan di dalam sebuah patung benar-benar luar biasa," kata Wilfrid Rosendahl, seorang paleontologis Jerman yang memimpin penelitian.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"