Penelitian Deskriptif Kualitatif, Pengertian dan Tujuan

Penelitian Deskriptif Kualitatif, Pengertian dan Tujuan

Penelitian deskriptif kualitatif merupakan salah satu penelitian yang masuk ke dalam kelompok penelitian kualitatif. Tujuannya biar bisa mengungapkan fakta, keadaan, kejadian, dan variabel yang terjadi saat penelitian berlangsung. Supaya bisa memberikan data tentang apa yang sesunguhnya terjadi.

Penelitian Deskriptif Kualitatif

Penelitian Deskriptif Kualitatif Penelitian Deskriptif Kualitatif (cnib.ca)

Sugiyono (2015) memaparkan bahwa Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dengan triangulasi, analisis data bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi.

Analisis data kualitatif adalah bersifat induktif, yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh, selanjutnya dikembangkan pola hubungan tertentu atau menjadi hipotesis.

Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dandokumentasi. Subjek penelitian adalah orang pada latar penelitian yang dimanfaatkan untuk memberikan informasi.

Menurut Sugiyono (2005) menyatakan bahwa metode deskriptif adalah suatu metode yang digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas.

Penelitian kualitatif (digitaleurope.org)

Tujuan dari penelitian deskriptif untuk menghasilkan gambaran akurat tentang sebuah kelompok baik dalam bentuk verbal maupun numerik. Juga buat menggambarkan mekanisme suatu proses atau hubungan. Metode ini juga untuk menyimpan informasi bersifat kontradiktif mengenai subjek penelitian.

Jadi penelitian deskriptif kualitatif adalah metode penelitian  

Tujuan dari penelitian deskriptif kualitatif searah dengan rumusan masalah serta pertanyaan penelitian atau identifikasi masalah. Tujuan penelitian deskriptif kualitatif adalah untuk:

1. Menafsirkan data

2. Mendeskripsikan data yang diperoleh dengan situasi yang ada

3. Menjelaskan sikap dan pandangan masyarakat tentang apa yang terjadi

4. Menjelaskan adanya pertentangan atau perdebatan di masyrakat

5. Menjelaskan hubungan antara dua variabel

6. menjelaskan perbedaan antar fakta yang ada

7. Menjelaskan hubungan fakta dengan apa yang terjadi



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"