Peneliti LIPI Ungkap Keterkaitan Tsunami Purba di Selatan Jawa Dengan Kisah Cinta Nyi Roro Kidul

Peneliti LIPI Ungkap Keterkaitan Tsunami Purba di Selatan Jawa Dengan Kisah Cinta Nyi Roro Kidul

Siapa sih yang nggak tau tokoh legendaris Nyi Roro Kidul? Ia adalah sosok keramat bagi masyarakat nusantara, khususnya orang Jawa. Nyi Roro Kidul dianggap sebagai Ratu Laut Pantai Selatan. Ia punya kekuatan yang sangat besar. 

Nah, baru-baru ini ada penelitian dari LIPI yang membuktikan keterkaitan tsunami di Indonesia dengan kisah Nyi Roro Kidul.

Penelitian bidang keahlian geologi dan geofisika, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Eko Yulianto mengungkapkan kalo penggalan Kisah Nyi Roro Kidul tersirat gambaran bencana tsunami di pantai selatan Jawa pada 500-an tahun yang lalu. Dokumenter berjudul The Untold Story of Java Southern Sea dari LIPI merangkum hasil penelitian itu. Kalo bisa temukan inti cerita, menurutnya itu ada hubungannya sama cerita nyata di masa lalu. 

Eko pada 2019 lalu setelah pemutaran film menjelaskan bahwa penelitian bermula dari tsunami besar di Aceh. Waktu itu, awalnya para peneliti yakin kalo gempa di atas 9 SR tuh nggak bakalan terjadi di Sumatera. Tapi, ternyata gempa raksasa di sana malah terjadi. Kemudian pada 2008 ada hipotesis kalo gempa raksasa bisa terjadi di jalur subduksi di seluruh dunia. Yang bedain adalah besaran dan waktu pengulangannya. 

ilustrasi tsunami (siagabencana.com)

Nah, gempa di Sumatera diduga bisa terulang di kisaran antara 550 sampai 900 tahun sekali. Lalu, untuk area Selatan Jawa, perhitungan tsunaminya setiap 670 tahun. Dari situ, kemudian tim menyusuri garis pantai selatan Jawa di Ciletuh, Pangandaran, Cilaca, Kutoharjo, Kulonprogo, Pacitan, Lumajang, dan Bali. Dari bukti-bukti yang ada menunjukkan kalo pada rentang waktu itu emang ada bencana. Proses penelitian juga memakai lintas disiplin ilmu untuk memperkuat validitas data.

Ditemukan adanya material bawaan tsunami yang mengendap dalam tanah. Lalu, dari bidang antropologi dan budaya ada kesesuaian rentang waktu kisah Panembahan Senopati sama Nyi Roro Kidul. 

Jadi, gini ceritanya. Pada 1586, Panembahan Senopati mau membuat Kerajaan Mataram Islam. Dirinya bukan keturunan darah biru. Jadi, butuh legitimasi politik lain biar rakyat percaya dirinya patut memimpin. Lalu, Panembahan Senopati bertapa di suatu daerah. 

Sementara itu, Sutan Hadiwijaya dari kerajaan Pajang tau niat Panembahan Senopati yang mau dirikan kerajaan. Dia berupaya menyerangnya. Tapi, bencana alam malah terjadi kemudian.

Nyi Roro Kidul yang melihatnya mengira kalo bencana alam diakibatkan oleh Panembahan Senopati yang bertapa. Lalu, Nyi Roro Kidul memintanya untuk berhenti. Dari situ, Nyi Roro Kidul setuju untuk bantu Panembahan Senopati membuat kerajaan. 

Nah, itulah hubungan antara kisah Nyi Roro Kidul dengan tsunami di pantai selatan. Gimana menurut kalian gengs?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"