Penasaran Nggak Sih Berapa Total Uang yang Ada di Mesin ATM?

Penasaran Nggak Sih Berapa Total Uang yang Ada di Mesin ATM?

Saat ini masyarakat terbantu dengan banyaknya mesin-mesin ATM  yang mudah ditemui di beberapa tempat. Mulai dari minimarket hingga SPBU biasanya dilengkapi dengan fasilitas ATM.Di dalam mesin ATM tentu banyak uang. Tapi suka penasaran nggak sih berapa total uang yang ada di dalam mesin ATM?

Dilansir dari Quora, seorang warganet menjelaskan terkait kapasitas sebuah mesin ATM dalam menyimpan uang. Rata-rata mesin ATM di dalamnya ada empat kotak penyimpanan uang kas atau biasanya disebut cash catridge. Biasanya tempat itu dibuka ketika seorang petugas bank datang untuk mengisi uang di ATM.

Di dalam ATM selain ada empat kotak penyimpanan uang, juga ada satu kotak tambahan yang berfungsi untuk menyimpang uang yang tidak bisa dikeluarkan oleh mesin. Lho kok malah ada uang yang nggak bisa dikeluarkan? Ternyata uang dalam kotak itu biasanya digunakan jika ada nasabah yang lupa mengambil uang tunai saat transaksi selesai atau kualitas uang dianggap tidak layak.

Penasaran Nggak Sih Berapa Total Uang yang Ada di Mesin ATM (Kompas.com)

Dari masing-masing kotak dalam mesin ATM untuk setiap kotaknya diisi maksimal 2500 lembar uang. Nah jika satu kotak berisi 2500 lembar uang kertas, tinggal dihitung saja total jumlah uang jika dalam kotak itu berisi pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000.

Jika ATM untuk uang pecahan Rp 100.000 maka maksimal uang tersedia sekitar Rp 1 miliar. Sementara khusus ATM pecahan uang sekitar Rp 50.000 maka uang yang ada di ATM sekitar Rp 500 juta. Setiap mesin ATM masing-masing memiliki jangka waktu setiap uang akan habis tergantung banyak atau tidak digunakan nasabah melakukan transaksi keuangan.

Setiap proses pengisian uang di ATM biasanya petugas dari bank tidak akan sendiri mengisi uang di mesin ATM. Sebab petugas itu selalu ditemani seorang petugas dari kepolisian yang dilengkapi senjata api. Polisi itu sengaja untuk melindungi petugas agar tidak mengalami kejadian buruk saat sedang mengisi ATM.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"