Pabrik di Purwakarta Tutup, Inilah Sosok Pemilik Perusahaan Sepatu Bata

Pabrik di Purwakarta Tutup, Inilah Sosok Pemilik Perusahaan Sepatu Bata

Siapa yang tak kenal merek sepatu Bata? Merek sepatu ini adalah salah satu merek yang terkenal di Indonesia puluhan tahun lamanya.

Sayangnya, merek sepatu ini telah tergantikan dengan berbagai merek sepatu lain yang kini semakin banyak. Itu sebabnya, pabrik PT Sepatu Bata Tbk yang ada di Purwakarta, Jawa Barat kini tutup.

Perusahaan mengaku tutupnya pabrik di Purwakarta disebabkan karena mereka tidak mampu lagi melanjutkan produksi sepatu karena kurangnya peminat produksi dari pemasok lokal di Indonesia.

"Karena permintaan pelanggan terhadap jenis produk yang dibuat di Pabrik Purwakarta terus menurun dan kapasitas produksi pabrik jauh melebih kebutuhan yang bisa diperoleh secara berkelanjutan dari pemasok lokal di Indonesia," kata Corporate Secretary BATA Hatta Tutuko.

Pemiliki Asli Sepatu Bata

Pabrik sepatu Bata di Purwakarta yang sudah berhenti beroperasi setelah 30 tahun (tirto.id)

Meski terkenal di Indonesia, siapa sangka kalau ternyata pemilik merek Bata ini bukan dari Indonesia melainkan dari Republik Ceko. Pendiri Bata adalah warga Ceko bernama Tomas Bata. Ia lahir di dari keluarga tukang sepatu yang sudah turun temurun selama berabad-abad bekerja di bidang yang sama.

Pada tahun 1894 Tomas dan beberapa saudaranya membangun perusahaan sepatu bernama T&A Bata Shoe Company yang dan mendaftarkannya di Zlin, Republik Ceko. Tomas dan saudaranya membangun perusahaan Bata dengan modal Rp5,6 juta. Bata kemudian berhasil sukses besar usai mendapat pesanan sepatu tentara Austro-Hongaria.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"