Nostalgia Bensin yang Dijual Pertamina, Pernah Nyoba yang Mana Aja Gengs?

Nostalgia Bensin yang Dijual Pertamina, Pernah Nyoba yang Mana Aja Gengs?

Sering menggunakan kendaraan bermotor? Pernah kehabisan bahan bakar? Pastinya nggak asing sama istilah Bahan Bakar Minyak dong?

Salah satu penyedia Bahan Bakar Minyak (BBM) adalah PT Pertamina (Persero). Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang awalnya bernama PT Perusahaan Minyak Nasional (Permina) sudah menjajakan produknya sejak 63 tahun lalu lho, gengs.

Salah satu produk yang ditawarkan adalah gasoline atau petrol, biasa juga disebut juga oleh 'bensin'.

Tapi, apa aja sih bensin yang pernah dijual PT Pertamina? Yuk simak daftarnya berikut.

Ilustrasi SPBU Pertamina (OLX News)

1. Premium

PT Pertamina sampai saat ini masih menawarkan Premium sebagai BBM untuk kendaraan bermesin bensin. Produk ini menjadi bensin dengan angka oktan paling rendah yakni 88.

Premium diproduksi sesuai dengan Keputusan Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Np.3674/K24/DJM/2006 tanggal 17 Maret 2006 tentang Spesifikasi Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 88.

Punya angka oktan rendah, Premium dapat digunakan pada kendaraan dengan kompresi rendah kisaran 9:1.

2. Pertalite

Sedikit di atas Premium, ada Pertalite yang merupakan bensin dengan oktan 90. Jenis bahan bakar ini lebih baik digunakan untuk kendaraan dengan kompresi 9:1 hingga 10:1.

Karena bensin ini mendapat tambahan zat aditif untuk mencegah korosi maka bisa dibilang lebih cocok untuk mayoritas kendaraan bermotor di Tanah Air dibanding Premium.

Pertalite diklaim mampu menempuh jarak yang lebih jauh dengan tetap memastikan kualitas.

3. Pertamax

Pertamax merupakan bensin berstandar internasional dengan angka oktan minimal 92.

Bensin jenis ini sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1 atau kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI).

Dengan ecosave technology, Pertamax mampu membersihkan bagian dalam mesin (detergency).

Selain itu Pertamax juga dilengkapi dengan pelindung anti karat pada dinding tangki kendaraan, saluran bahan bakar dan ruang bakar mesin (corrotion inhibitor), serta mampu menjaga kemurnian bahan bakar dari campuran air sehingga pembakaran menjadi lebih sempurna (demulsifier).

4. Pertamax Turbo

Kemudian Pertamax Turbo yang memiliki tingkat oktan 98.

Bensin yang satu ini dikembangkan dengan formula yang disebut Ignition Boost Formula (IBF) hasil kerjasama Pertamina dengan Lamborghini untuk memenuhi persyaratan mesin berteknologi tinggi.

Menjadi produk bensin kelas atas, Pertamax Turbo memiliki beberapa kelebihan. Sebut saja meningkatkan kecepatan maksimal, akselerasi, hingga tenaga karena hasil pemakaran yang lebih sempurna.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"