Ngintip Pesawat Terbesar di Dunia: Gede Banget Ngalahin Lapangan Bola!

Ngintip Pesawat Terbesar di Dunia: Gede Banget Ngalahin Lapangan Bola!

Nggak cukup dengan pesawat komersil pada umumnya, banyak perusahaan di dunia juga bikin moda transportasi udara dengan ukuran yang esktra besar. Sejak zaman dahulu, memang ada beberapa pesawat ukuran besar yang populer. Tapi baru-baru ini, juga ada pesawat terbesar di dunia yang baru aja mencoba penerbangan pertamanya ke luar angkasa.

Mau tahu kayak apa sih pesawat-pesawat terbesar yang ada di dunia? Ukurannya jauh banget sama pesawat yang biasa kita naikin kalau berpergian lho!

Stratolaunch

Stratolaunch Stratolaunch (spacenews.com)

April lalu, Stratolaunch, sukses terbang pertama kalinya dari Pangkalan Udara dan Luar Angkasa di Mojave, California. Pesawat ini memang dirancang buat mengantar satelit ke luar angkasa terus balik lagi ke Bumi. Pesawat ini bakalan menjatuhkan roket yang langsung menyalakan mesinnya, lalu meluncur menuju orbit. 

Menurut keterangan perusahaan yang membuat pesawat ini, penerbangan perdananya itu berlangsung selama 150 menit sebelum pesawat kembali mendarat dengan selamat di landasan yang sama.

Stratolaunch memang punya ukuran yang ekstra, rentang sayapnya bahkan lebih panjang dari lapangan sepak bola, atau sekitar 1,5 kali dari Airbus A380.  Rincian ukurannya yaitu rentang sayap 117 meter, panjang 73 meter. 

Saat uji coba, pesawat ini mencapai kecepatan tertinggi  yaitu 304 kilometer per jam serta mencapai ketinggian 17.000 kaki.

Hughes H-4 Hercules

Hughes H-4 Hercules Hughes H-4 Hercules (allthatsinteresting.com)

Pesawat besar lainnya adalah Hughes H-4 Hercules atau yang sering disebut Spruce Goose. Pesawat ini punya panjang 66,65 meter dan lebar sayap 97,54 meter. Berat kosongnya aja mencapai 113.399 kilogram. 

Pesawat ini dibangun waktu Perang Dunia II masih berlangsung dan pembuatannya selesai tahun 1947. Meskipun penerbangan pertama, dan satu-satunya, cuma 26 detik, tapi Spruce Goose dianggap sebagai pesawat dengan sayap terbesar yang pernah terbang. Kemudian, pesawat ini pun langsung pensiun.

Antonov An-225 Mriya

Antonov An-225 Mriya Antonov An-225 Mriya (commons.wikimedia.org)

Selanjutnya ada Antonov An-225 Mriya. Nama belakang pesawat ini Мрія (Mriya) dalam bahasa Ukraina berarti Mimpi atau Inspirasi. Pesawat yang pertama kali terbang tahun 1988 ini punya panjang sampai 84 meter dan lebar sayapnya 88,4 meter. Beratnya mencapai 285.000 kilogram. 

Dulu pesawat ini digunakan untuk mengangkut pesawat ulang alik Buran, tapi seiring dengan bubarnya Uni Soviet pada tahun 1991 dan proyek Buran yang tidak dilanjutkan lagi tahun 1993 pesawat ini terpaksa tidak beroperasi selama hampir 8 tahun. Nah, tahun 2001 lalu, pesawat ini kembali beroperasi menjadi pengangkut berat.

Airbus A380-800

Airbus A380-800 Airbus A380-800 (wikipedia)

Airbus A380-800 adalah pesawat dua tingkat dengan badan yang lebar dan dirancang karena meningkatnya jumlah penumpang. Berat kosong pesawat ini adalah 277 ribu kilogram dengan panjang 72,72 meter dan lebar sayap 79,75 meter. Penerbangan pertamanya berlangsung tahun 2005 dan cukup sukses di satu maskapai asal Dubai.

Walau ukurannya besar, 380 mengadopsi desain airliner konvensional dengan bodi pesawat silinder yang lebih lebar dari 747. A380 memakai sayap yang dipasang rendah pada bodinya dengan 4 mesin di sepanjang bentangan sayapnya. Selain itu, terdapat 22 roda untuk pendaratan sehingga beban pada setiap roda sama dengan pada Boeing 747 dan 777.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"