Nggak Jadi Tukang Bakso, Polisi Ini Malah Nyamar Jadi Wartawan Saat Jadi Intel

Nggak Jadi Tukang Bakso, Polisi Ini Malah Nyamar Jadi Wartawan Saat Jadi Intel

Nama Iptu Umbaran Wibowo viral. Dia adalah polisi yang menjadi Kapolsek Kradenan Blora. Beberapa tahun sebelum menjabat Kapolsek, Umbaran pernah jadi intel. Polisi nyamar jadi wartawan dia lakukan ketika bertugas menjadi intel. Kabarnya pada tahun 2015 Umbaran sudah menjadi wartawan lepas atau kontributor media iNews TV.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Blora, Heru Purnomo mengatakan bahwa sebagai wartawan, ia awalnya tidak tahu jika Umbaran adalah polisi. “Sejak tahun 2015 sering liputan bareng, dan tidak tahu kalau dia itu polisi,” kata Heru dilansir dari Detik Jateng. 

Umbaran pun memang sempat jadi wartawan karena bagian dari pelaksanaan tugas dari pimpinannya. Umbaran mendapatkan tugas intelijen di wilayah Blora, pada awal Januari 2021 tugasnya selesai dan dia sudah tidak lagi menjadi wartawan lepas lagi sampai sekarang. Usai jadi wartawan jadi-jadian, Umbaran menjabat sebagai Kanit Intel Polres Blora dan Wakapolsek Blora.

Polisi Ini Malah Nyamar Jadi Wartawan, Sekarang Jabat Kapolsek (SINDOnews)

Profesi wartawan dipilih untuk jalani tugas polisi intelijen memang masuk akal. Sebab seorang wartawan bisa bertemu dan wawancara dengan siapa saja dalam melakukan peliputan. Padahal selama ini polisi yang sedang melakukan intel lebih memilih jalani profesi sebagai penjual makanan, misalnya tukang bakso.

Pernah viral juga bagaimana penampilan tukang bakso yang membawa HT yang diduga penjual bakso itu adalah polisi intel yang menyamar. Adalah Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) A.M.Hendropriyono mengatakan tukang bakso identik dengan intel karena tukang bakso bisa  menyamar menjadi apa saja.

Memang selama menjalani tugas sebagai intel, biasanya penjual makanan melengkapi perlengkapan dengan membawa HT, karena harus memberikan informasi kepada atasan atau polisi yang lain terkait target yang sedang diselidiki. Polisi intel tidak boleh melakukan kontak fisik dengan target, hanya memantau dari jauh.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"