Ngeri! Ada Sindikat Perdagangan Ginjal Internasional di Ponorogo

Ngeri! Ada Sindikat Perdagangan Ginjal Internasional di Ponorogo

Pihak imigrasi Ponorogo telah menangkap 5 pelaku yang diduga melakukan sindikat penjualan ginjal internasional. 

Lima orang tersebut berinisial MM, warga Buduran, Sidoarjo; SH, warga Tangerang Selatan; WI, warga Bogor; AT, warga Jakarta; dan IS, warga Mojokerto.

Kasus ini berawal ketika petugas pengurus paspor menanyakan alasan MM dan SH berangkat ke luar ngeri. Ketika diminta mengeluarkan berkas lengkap, keduanya malah menunjukkan gelagat aneh.

"Saat proses wawancara, keduanya mengaku membutuhkan paspor untuk liburan ke Malaysia pada Selasa (4/7) kemarin pagi," tutur Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim Hendro Tri Prasetyo, Rabu (5/7/2023).

Terungkap adanya sindikat penjualan ginjal di Ponorogo (detik.com)

Sore harinya di jam 15.00 WIB, Hendor menjelaskan jika keduanya kembali ke kantor imigrasi dengan harapan petugas yang mewawancarai mereka lengah. Sang petugas awalnya curiga bila keduanya adalah TKI ilegal.

"Dalam proses wawancara, petugas kami menyatakan ada indikasi keduanya menjadi pekerja migran nonprosedural," ujar Hendro.

Setelah proses wawancara yang panjang, akhirnya keduanya mengaku akan mendonorkan ginjal ke Kamboja. Lalu keduanya diantarkan oleh tiga orang penyalur.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"