Ngerasa Sering Resah Dan Gelisah? Yuk Coba Berdamai Dengan Diri Sendiri

Ngerasa Sering Resah Dan Gelisah? Yuk Coba Berdamai Dengan Diri Sendiri

Ada masa-masa di mana kamu ngerasa hidup tuh banyak masalah. Rasanya capek, pusing, tapi bingung harus gimana. Malah, kadang-kadang masalahnya nggak besar-besar banget, tapi dampaknya ke diri sendiri tuh super nggak nyaman. Menghadapinya terlalu melelahkan. Tapi kamu juga tau kalo semuanya harus dihadapi. 

Kalo lagi sering ngerasa lelah, resah, dan gelisah, coba deh belajar berdamai dengan sendiri. Istilahnya mungkin masih asing dan aneh buat kamu. Tapi sekalinya kamu nyoba, pasti membawa banyak perubahan ke dalam hidupmu, gengs. 

Berdamai dengn diri sendiri bikin kamu lebih sehat secara mental, bisa berpikir dengan tenang, mencegah bertindak sembarangan, dan makin bijak dalam bersikap. Mau tau gimana caranya? 

Yang pasti kamu harus meluangkan waktu buat sendirian di tempat yang nyaman, paling enak sih di kamar sendiri ya. Terus lakuin deh hal-hal berikut ini:

Berdamai dengan diri sendiri (thesouthafrican.com)

Menerima dirimu sendiri apa adanya

Sejak kecil sampai sekarang, kamu mungkin udah terpapar sama standar-standar orang lain di luar sana. Ini termasuk soal fisik, pendidikan, cara berpakaian, dan sebagainya. Jadinya, malah bikin kamu insecure dan kepikiran terus kalo kamu kok nggak sesuai standar ya. 

Jangan selalu ngeliat orang lain dan nggak perlu peduliin segala standar yang nggak jelas. Misalnya nih, cewek cantik itu harus tinggi dan putih. Coba kamu pikirin lagi, emang siapa yang bikin standar kayak gitu? Nggak ada! Terimalah dirimu sendiri apa adanya dan bersyukur atas apa yang kamu punya.

Bikin hidup lebih tenang (whynot3.com)

Mengakui kesalahan 

Kalo kamu jadi sering resah gara-gara bikin kesalahan, coba deh mengakui semuanya sama diri sendiri. Ajak ngobrol diri sendiri kayak kamu lagi curhat aja sama teman. Akui apa aja yang udah kamu lakukan dan sadari kalo itu semua adalah kesalahan. Berjanjilah sama diri sendiri kalo kamu menyesal dan nggak akan mengulangi hal itu lagi. 

Minta maaf dan memaafkan masa lalu

Banyak orang ngerasa hidupnya jadi nggak tenang dan sering khawatir karena ada bayang-bayang masa lalu yang kurang enak. Bisa aja soal kesalahan di masa lalu atau sesuatu yang belum selesai makanya jadi kepikiran terus. Kalo ini yang terjadi, kamu bisa minta maaf sama diri sendiri juga memaafkan semua yang udah terjadi. 

Percaya deh, ngomong sama diri sendiri tuh bakalan kerasa sulit dan aneh. Emang iya, tapi dampaknya positif banget. Jadi wajib dicoba biar bikin hidupmu lebih tenang dan damai.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"