Negara-negara di Luar Indonesia yang Punya Pawang Hujan, Ternyata Nggak Semua Berwujud Manusia

Negara-negara di Luar Indonesia yang Punya Pawang Hujan, Ternyata Nggak Semua Berwujud Manusia

Pawang hujan  di ajang MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika menjadi perhatian banyak orang di dalam dan luar negeri. Ada yang menyebut pawang hujan adalah profesi yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Tapi jangan salah dulu karena beberapa negara juga memiliki pawang hujan. Ada yang berwujud manusia dan boneka.

1.    Jepang

Di Jepang terdapat boneka yang disebut bisa jadi pawang hujan. Boneka itu bernama Teru Teru Bozu. Masyarakat Jepang percaya bahwa menggantungkan boneka di jendela atau atap rumah, maka hujan tidak akan turun. Boneka ini terbuat dari kain atau tisu.

Kemudian diikat dengan tali dan dibentuk seolah-olah mirip dengan hantu berkepala botak. Sampai sekarang dalam momen acara besar di Jepang seperti kejuaraan olahraga, sering dipakai boneka Teru Teru Bozu ini.

Negara-negara di Luar Indonesia yang Punya Pawang Hujan (Detikcom)

2.    India

Masih di negara Asia, berikutnya India. India memiliki ritual khusus untuk memanggil hujan. Ritual itu bernama Varuna Yajna. Dalam ritual tersebut dilakukan pemujaan untuk menyenangkan dewa air agama Hindu yang bernama Varuna. Varuna dipercaya bisa mendatangkan hujan. Biasanya yang melakukan ritual suci itu adalah pendeta.

3.    Thailand

Pawang hujan di Thailand memiliki adalah tanaman serai dan gadis perawan. Saat ritual dimulai maka warga setempat akan menancapkan batang serai ke tanah. Para gadis perawan diminta untuk berdoa agar huja segera berhenti. Meski banyak orang Thailand yang berpendidikan tinggi namun tidak sedikit orang yang melakukannya.

4.    Brasil

Rumah mode terkenal asal Prancis, Louis Vuitton pernah menyelenggarakan pagelaran busana di Brasil, tepatnya di Kota Rio de Janeiro. Kebetulan saat itu bertepatan dengan musim hujan. Maka penyelenggara acara memutuskan untuk memakai jasa pawang hujan agar acara tidak terganggu oleh cuaca yang tak bersahabat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"