Negara Kolonial Pemilik Wilayah Jajahan Terbesar di Masa Lalu

Negara Kolonial Pemilik Wilayah Jajahan Terbesar di Masa Lalu

Saat ini penjajahan satu negara ke negara lain hampir sudah tidak ada lagi. Tetapi dalam sejerah masa lalu, dunia pernah mengalami masa kolonial yakni saat satu negara mencoba untuk menjajah negara lain.

Beberapa negara sangat maju dalam meluaskan daerah kekuasaanya. Bahkan mencapai benua lain. Ini yang disebut dengan koloni. Mereka lah yang membentuk wajah negara bangsa saat ini. Yuk kita simak negara mana saja yang memiliki wilayah jajagan terbesar gengs.

1. Negara Belanda

1. Negara Belanda Negara kolonial di masa lalu pemiliki wilayah jajahan terbesar (quora.com)

Tentu kita sangat paham kalau Negara Belanda adalah salah satu negara penjajah dengan wilayah jajahan terbesar. Lha orang mereka ngejajah negara kita yang emang udah luas duluan ya kan gengs. 

Tetapi lebih dari itu, seperti ditulis dalam World Atlas, Belanda menjajah di banyak wilayan bahkan diantaranya merupakan negara-negara Eropa sendiri. Bekas jajahan Belanda antara lain Belgia, Brazil, Pantai Gading, Indonesia, Luxembourg, Amerika Serikat, Sri Lanka, Taiwan, Afrika Selatan, dan Suriname.

2. Negara Prancis

2. Negara Prancis Negara kolonial di masa lalu pemiliki wilayah jajahan terbesar

Prancis termasuk salah satu negara yang dulunya memiliki wilayah jajahan terluas di dunia. Seperti dicatat dalam Global Security, Prancis pernah memiliki area koloni seluas lebih dari 10 juta km persegi. 

Kekuasaan Prancis terbanyak berada di benua Afrika. Daerah seperti Kongo, Sudan, dan Madagaskar dulunya merupakan daerah kolonial Prancis secara administratif. Tak heran banyak negara di Afrika yang menggunakan bahasa Prancis sebagai bahasa resmi mereka.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"