Nasa Keluarkan Peringatan Siklus Baru Matahari Telah Dimulai, Warga Bumi Harus Waspada

Nasa Keluarkan Peringatan Siklus Baru Matahari Telah Dimulai, Warga Bumi Harus Waspada

NASA baru-baru ini mengumumkan bahwa siklus baru matahari telah dimulai, nama siklus tersebut adalah Solar Cycle 25. Siklus ini merupakan penanda akan adanya peningkatan cuaca antariksa yang jika terjadi akan berdampak terhadap teknologi di bumi dan astronot di luar angkasa.

Penemuan NASA ini cukup menyentak, para peneliti dan ilmuan memastikan bahwa fenomena ini akan menjadi kunci bahwa dunia harus bersiap dengan berbagai kemungkinan permasalahan dan komplikasi yang akan muncul.

Aktivitas Matahari sendiri memang berjalan dalam siklus kira-kira 11 tahun, dengan bintang bergerak secara teratur dari diam ke aktif dan kembali ke posisi diam.

Periode aktivitas tersebut dikenal sebagai cuaca Matahari, dan meskipun perubahannya telah diamati selama ratusan tahun, banyak proses dan efeknya yang sebagian besar belum bisa dijelaskan oleh ilmu pengetahuan.

Meski begitu, para ilmuwan NASA menyebut bahwa perubahan cuaca Matahari dapat berdampak luas. Misalnya, astronot yang tidak dilindungi oleh medan magnet Bumi dapat terkena radiasi dalam jumlah yang berbahaya.

Kantor NASA

Selain itu, fenomena ini juga dapat menyebabkan masalah yang signifikan bagi teknologi komunikasi radio di Bumi. Oleh sebab itu, para ahli telah menyarankan bahwa permulaan siklus baru Matahari harus menjadi peluang bagi manusia untuk membuat rencana untuk menghadapi kemungikinan yang terjadi di masa depan.

"Tidak ada cuaca buruk, hanya persiapan yang buruk. Cuaca luar angkasa memang seperti itu, dan tugas kita adalah mempersiapkan," kata Jake Bleacher, kepala Direktorat Misi Eksplorasi dan Operasi Manusia NASA, sebagaimana dikutip dari Independent, Kamis (17/9/2020).

Saat Matahari memasuki siklus barunya, hal itu dapat menyebabkan peristiwa mengerikan di permukaannya, seperti jilatan api Matahari, atau lontaran massa koronal.

"Itu bisa memuntahkan cahaya, energi, dan materi matahari ke luar angkasa," sebut NASA.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"