Modus Terapi Batin, Doktor Psikologi Dedy Susanto Malah Ajak Kliennya Ngamar

Modus Terapi Batin, Doktor Psikologi Dedy Susanto Malah Ajak Kliennya Ngamar

Beberapa hari belakangan ini lagi heboh perseteruan antara Doktor Psikologi Dedy Susanto vs selebgram Revina VT. Dari yang awalnya tentang pertanyaan soal penyembuhan LGBT, berujung mempertanyakan status psikolog Dedy, eh semakin panjang dengan bermunculan korban-korban yang mengaku dilecehkan oleh sang terapis. 

Sebenarnya, siapa sih Dedy Susanto ini? 

Pemilik akun Instagram @dedysusantopj ini mengklaim dirinya Doktor Psikologi, trainer motivasi berbasis terapi psikologis, dan bisa mendetox kesedihan terpendam dari masa lalu.

Keberadaan beliau ini cukup tersohor di dunia maya. Instagram-nya diikuti oleh 652 ribu orang dan channel Youtube dengan nama Kuliah Psikologi miliknya punya 595 ribu subscribers. 

Dedy ini sering banget keliling kota untuk memberikan terapi masal untuk pemulihan jiwa. Orang-orang yang punya masalah kesehatan mental, trauma batin, dan mengalami kesedihan, banyak banget yang percaya untuk diterapi sama mas-mas ini. Setiap sesi terapinya selalu full lho! 

Di media sosialnya, Dedy ini sering banget kasih petuah, motivasi, pun katanya bisa menyembuhkan luka batin sampai bipolar dan LGBT.

Menyoal klaim bisa menyembuhkan bipolar dan LGBT, selebgram Revina VT mempertanyakan kebenarannya. Menurut pengetahuan Revina, LGBT nggak bisa disembuhkan karena bukan penyakit. Pun bipolar hanya bisa direpresi, nggak bisa disembuhkan hanya dengan hipnoterapi. 

Dari sini lah drama dimulai. Revina yang mulai curiga, mempertanyakan gelar psikolog Dedy Susanto. “Tapi dia ngaku doktor psikologi. Besar dong kecurigaan saya. Jadi saya cek di HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia) emang tidak terdaftar," tulis Revina di Instagram-nya. 

Soal pendidikan, cowok yang biasa dipanggil paduka ini emang lulusan S3 Psikologi. Tapi pendidikan sebelumnya bukan di bidang yang sama, jadi nggak bisa langsung dianggap psikolog. 

"Saya tidak pernah mengatakan diri saya psikolog di IG maupun di YouTube. Di bio IG saya doktor psikologi yang artinya gelar S3 psikologi. Apakah salah saya mencantumkan Doktor Psikologi?" tulis Dedy. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"