Mobil Pertama Orang Indonesia Diservis ke Belanda, Tapi Gak Dibalikin Lagi ...

Mobil Pertama Orang Indonesia Diservis ke Belanda, Tapi Gak Dibalikin Lagi ...

Ceritanya begini ... dulu pernah ada sebuah mobil nih. Mobil itu disebut-sebut sebagai mobil pertama milik orang Indonesia.

Ya namanya juga mobil pertama, mungkin kayak mobil keluaran pertama gitu kali ya. Persis di tahun-tahun ketika mobil baru muncul di muka bumi ini.

Pakubuwono X, orang pertama yang punya mobil di Indonesia (en.wikipedia.org)

Tapi jangan salah, mobil itu adalah Benz Viktoria Phaeton. Mobil itu diproduksi oleh Benz Motor Company sekitar tahun 1892 sampe 1898 silam. Kamu jelas belom lahir lah ya~

Pemiliknya juga bukan orang sembarangan gengs. Pemilik mobil pertama di Indonesia saat itu adalah raja Kasusuhan Surakarta, Sri Susuhunan Pakubuwono X.

Sang raja adalah orang yang tercatat membeli mobil Benz Viktoria Phaeton tahun 1894 silam. Mobil itu dibeli dengan harga 10.000 gulden. Benz Viktoria Phaeton adalah mobil roda empat pertama terkomplit di dunia.

CNN menyebutkan bahwa mobil itu memiliki mesin 1 silinder, 2.000 cc, dengan 5 tenaga kuda atau 5 horse power (HP). Rodanya masih dari kayu gengs, tapi muat sampe delapan orang loh.

Kira-kira beginilah tampilannya~ (louwmanmuseum.nl)

Mobil mewah di jamannya itu kini terparkir di Louwman Museum, Den Haag, Belanda. Tentang gimana ceritanya bisa sampe Belanda, ini nih yang menarik. Sejarahnya unik gengs, tapi miris.

KGPH Puger, kerabat Keraton Kasunanan Surakarta, menyebutkan ada berbagai versi cerita tetang mobil pertama milik PB X itu. Tapi sejauh yang diketahuinya, mobil itu terakhir dikeluarkan dari keraton Surakarta untuk diservis ke Belanda.

"Jadi itu dibawa ke Eropa untuk servis. Belum selesai diperbaiki, terjadilah Perang Dunia I atau yang disebut keraton sebagai Perang Eropa. Akhirnya mobil terkatung-katung," kata Puger, dikutip dari DetikOto.

Sedihnya, Benz Viktoria Phaeton itu sempat dimiliki Royal Dutch Automobile Club (KNAC) selama bertahun-tahun. Bahkan statusnya jadi semakin gak jelas ketika Pakubuwono XI dan Pakubuwono XII naik tahta.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"