Mobil Kijang Ternyata Ada Kepanjangannya Lho, Sudah Tau Belum?

Mobil Kijang Ternyata Ada Kepanjangannya Lho, Sudah Tau Belum?

Toyota Kijang  atau disebut mobil Kijang  merupakan salah satu produk mobil yang cukup sukses di Indonesia. Pabrikan asal Jepang itu masuk ke Indonesia pada pertengahan tahun 1970-an. Mobil Kijang mendapatkan momen penting dalam dunia otomotif Indonesia saat mengeluarkan produk Toyota Kijang Super yang biasa disebut Kijang kotak di tahun 1990-an.

Nah setelah Kijang kotak merajai pasar mobil di Indonesia, memasuki milenium baru di awal tahun 2000, Toyota meluncurkan jenis Kijang yang biasa disebut Kijang kapsul. Bentuk Kijang kapsul lebih modern. Penyebutan kijang kapsul karena sekilas mirip kapsul dan bentuknya tidak kotak lagi.

Misalnya pada bagian pintu belakang Kijang kapsul sudah dibuka ke atas agar barang bisa dimasukkan di bagian belakang mobil atau mirip bagasi Kijang jenis ini menjadi mobil pertama di Indonesia yang kursi di baris ketiga menghadap ke depan, karena Kijang kotak memiliki model kursi berhadapan di bagian paling belakang.

Mobil Kijang Ternyata Ada Kepanjangannya Lho, Sudah Tau Belum (Kompas Otomotif)

Barulah muncul jenis Kijang yakni Innova dengan model yang lebih aerodinamis dan bentuknya lebih besar. Banyak orang yang memang membeli Kijang dibandingkan brand kendaraan lain karena dianggap memiliki harga yang lebih terjangkau dan bisa muat banyak orang.

Nah, ngomong-ngomong soal Toyota Kijang, sebenarnya tahu gak sih kalau Kijang itu ada kepanjangannya lho. Kijang memiliki kepanjangan dari “Kerjasama Indonesia dan Jepang”. Seperti diketahui pabrik Kijang memang berasal dari Jepang. Meskipun Indonesia pernah dijajah Jepang, namun di zaman orde baru, kedua negara ini bersahabat.

Kijang bahkan muncul karena respon Toyota setelah menanggapi kebijakan pemerintah Indonesia saat itu yang ingin mengembangkan industri nasional melalui pengembangan alat angkut serba guna. Kijang juga dibuat sebagai mobil dengan karakter pasar serta kondisi geografis Indonesia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"