Mobil Berotot Mustang Bertenaga Listrik, Sebuah Penistaan?

Mobil Berotot Mustang Bertenaga Listrik, Sebuah Penistaan?

Sebuah start-up asal Inggris mengubah mobil Mustang menjadi bertenaga listrik. Mobil ini tak lagi meraung-raung seperti layaknya mobil American Muscle yang lain. Warisan yang dinistakan.

Bagi kalian penggemar otomotif, apa yang ada dibenak kalian ketika mendengar atau melihat mobil Ford Mustang. Pasti kalo tidak kebut-kebutan di jalan ala 'Fast & Furius' ya suara mobil yang meraung-raung seperti mobil 'American muscle' pada umumnya.

Tetapi apa jadinya jika mobil tersebut diubah menjadi mobil listrik. Sehingga ia tak lagi memiliki karakter 'mobil berotot'. Meskipun menurut klaim dari yang membuat, mobil ini tetaplah mobil yang bertenaga besar melalui baterai dan mungkin akan senyap. Seperti itu yang dihadirkan dari Charge, Mustang bertenaga listrik ini.

Charge Mustang (dudepedia.com)

Dari segi penampilannya, mobil ini hampir identik dengan Mustang yang keluar di tahun 1960-an. Semuanya mirip, kecuali jika kalian melihat lebih dekat lagi dibagian grill mobil. Kalian akan menemukan logo Charge yang mirip dengan lempengan salju.

Perubahan hanya menyentuh lampu depan yang terkesan lebih modern. Dan tentu saja mobil ini kehilangan knalpot yang tak lagi berguna bukan?

Charge menjanjikan level kinerja yang yang layak menyandang nama Mustang. Versi final nantinya akan memiliki kecepatan tertinggi 'V-max' 149MPH (240KPH). Untuk akselerasi dari nol hingga 60MPH (97KMH) hanya memakan waktu di bawah empat detik.

Baterai 64 kWh akan membawa mobil 200 mil dengan sekali pengisian. Hal ini sedikit lebih rendah jika dibandingkan standar EV mewah (Model 3 standar, untuk perbandingan, memiliki jangkauan 220 mil). Tetapi anehnya cocok untuk mobil yang, setidaknya secara lahiriah meniru Mustang yang memang boros bahan bakar.

Charge Mustang (dudepedia.com)

Charge Mustang (dudepedia.com)

Charge Mustang (dudepedia.com)

Pertanyaanya adalah mengapa mereka mengambil desain Mustang? Charge paham kalau proyek ini bakal kontroversial seakan seperti penistaan pada warisan mobil berotot ala Amerika.

Bodi mobil ini aslinya berukuran besar, dengan begitu akan sangat mudah untuk memasukkan berbagai komponen kendaraan listrik. Lain halnya kalau bermain-main dengan bodi Jaguar klasik atau bahkan Mini Cooper. "Hampir tidak mungkin" ungkap Vadim Shagaleev, CEO Charge seperti yang dilansir dari Engadget.

Akan selalu ada orang yang lebih suka dengan mobil original dan menghabiskan akhir pekan mereka untuk memperbaiki dan mengembalikan mobil tersebut. Dan itu tidak masalah - Charge tahu Mustang bertenaga listrik ini tidak akan cocok untuk semua orang.

Jika kalian ingin memiliki kendaraan yang tidak biasa dan ramah lingkungan ini, kalian harus berlomba. Pasalnya Charge hanya akan diproduksi 499 unit saja. Dan masing-masing unit akan dijual dengan harga mobil memiliki harga mulai dari £ 300.000 (sekitar lebih dari 5 miliar Rupiah).

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"