Mitos atau Fakta, Ada Dusun di Dieng yang Lenyap dalam Semalam Karena Penduduknya yang Berkelakuan Buruk?

Mitos atau Fakta, Ada Dusun di Dieng yang Lenyap dalam Semalam Karena Penduduknya yang Berkelakuan Buruk?

Dataran tinggi Dieng merupakan kompleks gunung api yang memiliki banyak kawah.

Di kawah-kawah itulah kerap terjadi erupsi yang seringkali diikutin dengan gempa. Seperti kebanyakan erupsi, erupsi di Dieng juga merenggut banyak nyawa.

Peristiwa yang paling ngeri terjadi pada 20 Februari 1979. Kwah Sinila yang adalah salah satu dari kaldera di Dieng meletus melepaskan gas CO2 dan menewaskan 149 orang.

# Peristiwa di Dieng yang Mirip dengan Peristiwa Pompeii

Tak hanya menyimpan 'bom waktu' yang sewaktu-waktu bisa meledak. Dataran tinggi Dieng juga menyimpan cerita horor yang bikin merinding.

Kawah Sileri ketika meletus (liputan6.com)

Sebuah insiden yang pernah terjadi di Dieng disebut-sebut mirip dengan peristiwa Pompeii yang terjadi pada 24 Agustus 79 Masehi. Gunung Vesuvius kala itu meletus dahsyat menyemburkan hingga ketinggian 30 kilometer dan akhirnya mengguyur dan mengubur sejumlah kota termasuk Pompeii.

Dua kota tersebut terkubur abu tebal dan terlupakan selama hampir 1.500 tahun. Keberadaannya baru terkuak pada 1738, dan baru pada 1863 arkeolog Italia, Guiseppe Fiorelli melakukan ekskavasi.

Lewat ekskavasi, terkuak puing-puing Pompeii. Fiorelli kemudian menyadari bahwa abu lunak di situs Pompeii adalah jejak kematian para penghuninya -- yang tragisnya terawetkan oleh abu. Jumlahnya ada sekitar 1.150 kerangka manusia.

# Dusun Legetan Hilang Lantaran Tindak Tanduk Penduduknya



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"