Miris, Guru Honorer Ini Bocorkan Gaji yang Diterima Tiap Bulannya

Miris, Guru Honorer Ini Bocorkan Gaji yang Diterima Tiap Bulannya

Menjadi seorang guru adalah profesi yang terhormat karena bisa mencerdaskan banyak siswa di sekolah. Namun realita yang terjadi di Indonesia justru berbanding terbalik karena banyak kesejahteraan guru honorer yang menyedihkan. Gaji guru honorer di Indonesia dianggap sangat sedikit.

Belum lama ini sebuah video viral di TikTok. Adalah seorang guru honorer bernama Berta di Lampung membuka jumlah pendapatan yang dia terima. Gaji yang didapatkan Berta sebagai guru honorer jauh dari kata besar. Dalam video itu ia mengambil gaji dua bulan dan mendapatkan Rp 410 ribu, artinya dalam sebulan ia hanya dapat gaji Rp 205 ribu.

Memang sebagai guru honorer, Berta hanya mengajar dua hari dalam seminggu. Sehari-hari Berta mengajar pelajaran Bahasa Indonesia dan Seni Budaya. Meskipun cuma digaji sangat kecil, Berta masih bersyukur dirinya memiliki pekerjaan dan mendapatkan penghasilan yang rutin.

Berta Guru Honorer (TikTok @brtlpn)

Digaji cuma dapat Rp 205 ribu sebulan Berta merasa uang itu akan dikelola agar bisa digunakan untuk pengeluaran rutin tiap bulan. Berta tak menyesal menjadi seorang guru honorer. Baginya pendapatan itu sesuai dengan jam kerjanya yang cuma dua kali dalam seminggu mengajar.

Berta nampaknya adalah seorang guru yang masih berusia muda. Berta adalah pribadi yang sangat menyukai anak-anak, alhasil menjadi guru membuat Berta semangat karena bisa berinteraksi dan mengajari anak-anak di sekolah. "Mereka seperti mood booesters bagi saya, saya senang bisa cerita dan mencengar cerita mereka," katanya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"