Mirip Dengan Keadaan Saat Ini, Begini Gambaran Saat Flu Spanyol Menyerang Dunia

Mirip Dengan Keadaan Saat Ini, Begini Gambaran Saat Flu Spanyol Menyerang Dunia

Pandemi ber-skala global seperti Covid-19 ini bukan kali pertama yang terjadi di dunia, di awal abad 20 pun dunia pernah digemparkan oleh kehadiran flu Spanyol. Wabah Flu Spanyol menewaskan 40 sampai 50 juta orang dalam kurun waktu dua tahun, antara 1918 dan 1920.

Sepertiga penduduk dunia menderita flu Spanyol pada awal abad ke-20, angka kematian yang disebabkan oleh wabah ini pun lebih tinggi dari angka kematian yang disebabkan oleh perang dunia I.

Kini, ketika dunia tengah bergulat dengan krisis Covid-19, coba kita lihat kembali pandemi flu Spanyol, pandemi paling akhir yang membuat dunia lumpuh- seperti apa kondisi dunia setelah pandemi itu berakhir?

1. 1921, dunia yang sangat berbeda

https://gettyimages.com/

Pada kala itu, kedokteran dan ilmu pengetahuan memiliki banyak keterbatasan dalam menghadapi penyakit, pengobatan yang tersedia pun masih terbatas, bahkan antibiotik pertama di dunia baru ditemuakn pada tahun 1928.

Para dokter mengetahui mikroorganisme sebagai penyebab flu Spanyol dan penyakit dapat ditransmisikan antar manusia, tetapi mereka masih memandang penyebabnya adalah bakteri, bukan virus.

2. Wabah menyerang usia lebih muda, menyebabkan kemiskinan merata secara global



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"