Metamorfosis Kecoa yang Udah Hidup Di Bumi Ratusan Juta Tahun

Metamorfosis Kecoa yang Udah Hidup Di Bumi Ratusan Juta Tahun

Metamorfosis kecoa termasuk tidak sempurna. Artinya tidak mengalami fase kepompong.

Meskipun banyak yang gak suka dan jijik sama kecoa, mereka itu termasuk kelompok hewan yang udah hidup sejak ratusan juta tahun silam. Menurut penelitian kecoa udah ada di bumi sejak 300 juta tahun yang lalu.

Pantes aj ya mereka susah ditangkep dan dibunuh. Udah pengalaman sejak lama bertahan di bumi. Kemampuan bertahan hidup dan beradaptasi keco sangat baik. Doi juga omnivore yang bias makan apa saja.

Kecoa termasuk  Ordo Dictyoptera dan bekerabat dekat sama rayap. Beda sama belalang dan jangkrik. Meski ukuran tubuhnya mirip. Dalam perkembangan kehidupannya, kecoa mengalami proses metamorphosis tidak sempurna.

Berikut ini proses metamorphosis kecoa:

1. Telur

1. Telur Telur kecoa (pfharris.com)

Telur kecoa diletakkan secara bergerombol dengan jumlah 12-40 telur. Dijadikan satu dalam kantong yang disebut dengan ooteka. Ooteka ini berupa kantong kecil mirip sama kacang merah atau dompet kecil gitu. Telur akan menetas setelah 6-7 minggu. Satu kantong isinya sekitar 15 telur.

Biasanya induk kecoa akan meletakkan telurnya di tempat yang gelap dan lembab. Drekatkan dengan air liuar induk kecoa. Di sudut ruangan yang karang dibersihkan dan terjamah sma manusia gitu deh. Kantong telur kecoa ini tidak hanya diletakkan di dalam rungan gengs. Tapi bias juga menempel pada barang-barang seperi furniture, tas, kardus dll. Bisa berpindah tempat.

2. Nimfa

2. Nimfa Nimfa kecoa yang baru menetas (phys.org)

Nimfa yang beru menetas berwarna putih dan masih ada lucu-lucunya gitu deh. Mungkin kamu belum jijik atau bahkan gak tahu kalau mereka bakalan jadi kecoa ketika dewasa.  Siklus hidup kecoa termasuk ke dalam metamorfosis tidak sempurna artinya nimfa tidak mengalami proses kepompong namun harus mengalami pergantian kulit beberapa kali agar nimfa menjadi kecoa dewasa. Beda sama kupu-kupu yang ada kepompongnya. Kayak lagu yang liriknya ‘persahabatan kayak kepompong’ itu.

Setiap ganti kulit, kecoak yang bertubuh lunak dan berwarna putih selanjutnya bertumbuh kembang menjadi ukuran yang lebih besar, dengan warna tubuh lebih gelap dan kulit yang mengeras.

Stadium nimfa ini bias berlangsung 2 hingga 4 bulan untuk kecoa kecil. Kalau kecoanya gede dan bias terbang itu bias sampai satu tahun gengs. Lama banget ya masa hidupnya. Duh..



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"